Cara Mengendarai Mobil Matic

Cara Mengendarai Mobil Matic – Salam hangat sobat blogger semua. Apa kabarnya nih? Mudah-mudahan sehat ya? Kali ini saya mau berbagi info tentang cara mengendarai mobil matic. Prinsip mobil matic dan mobil manual sebenarnya sama saja, sama-sama akan berjalan maju ke depan dan mundur ke belakang. Ya iyalah. Hehhee. Yang membedakan adalah transmisi atau sering disebut dengan ‘gigi’. Saya sendiri bingung kenapa dikasih nama ‘gigi’? Kalau sobat ada yang tahu kasih komentar yang di bawah tulisan tips mengendarai mobil matic ini.

Cara Mengendarai Mobil Matic

Cara Mengendarai Mobil Matic

Ilustrasi Mobil

Transmisi atau ‘gigi’ tadi berbeda antara mobil matic dan mobil manual. Perbedaannya terletak pada cara memindahkannya. Untuk mobil manual, sobat harus secara manual memindahkan transmisi dari 1 ke 2, 2 ke 3 dan seterusnya. Cara memindahkan transmisinya pun membutuhkan timing yang pas antara pedal gas dan kopling serta tuas yang harus dipindahkan secara bersamaan agar mobil tidak mati. Tentunya harus sedikit latihan untuk menguasainya. Tapi bagi yang sudah terbiasa akan mudah dan tidak sulit. Sedangkan mobil matic, tinggal menekan tombol yang terdapat pada tuas transmisi dan digeser maju atau mundur sesuai keinginan.

Bagi yang belum terbiasa bagaimana? Jangan takut dibilang gak bisa bawa mobil. Sekarang teknologi sudah canggih, sehingga yang manual-manual ada versi otomatisnya. Yap. benar sekali. Sekarang sudah banyak mobil dengan transmisi otomatis atau lebih dikenal dengan mobil matic.

Bagi sobat yang biasa mengendarai mobil manual, tentu tidak mengalami kesulitan ketika mengendarai mobil matic. Namun, jangan salah, ada beberapa orang yang karena terbiasa menggunakan kaki kirinya saat mengendarai mobil manual, ketika mengendarai mobil matic kaki kiri tersebut digunakan untuk menginjak rem yang dapat berakibat ‘fatal’ jika diinjak. Kenapa bisa fatal? Secara alami, bagi sobat yang biasa menggunakan mobil manual, kaki kiri digunakan untuk menekan pedal kopling yang membutuhkan tenaga cukup kuat dengan sedikit sentuhan rasa serta timing yang tepat ketika melepasnya. Karena kaki kiri biasa menginjak dengan kuat, ketika menginjak rem menggunakan kaki kiri di mobil matic yang tidak membutuhkan kekuatan atau tenaga lebih akan kuat juga, maka mobil akan terhenti secara mendadak dengan hentakan yang cukup kuat. Itu yang saya maksud fatal tadi. So, jangan gunakan kaki kiri untuk menekan pedal Rem ya? Bisa fatal akibatnya. Trust me, it works.

Berhenti mendadak seperti itu, sangat tidak disarankan ketika berkendara di jalan raya karena dapat membahayakan pengguna lain yang berada di belakang mobil sobat. Terkecuali memang sedang dalam kondisi yang genting baru sobat boleh berhenti mendadak. Oke, sekarang saya akan berbagi pengalaman cara mengendarai mobil matic.

Cara Mengendarai Mobil Matic:

1. Hidupkan mesin kendaraan sobat.

2. Injak pedal Rem menggunakan kaki kanan. Ingat ya? Kaki kanan, jangan kaki kiri.

3. Pindahkan tuas Transmisi ke D4 untuk maju dan R untuk mundur.

4. Perhatikan kanan kiri sobat dan bersiap untuk maju atau mundur.

5. Lepaskan pedal Rem yang sedang diinjak oleh kaki kanan secara perlahan dan pindahkan kaki kanan ke pedal Gas.

6. Injak pedal Gas secara perhalan. Ingat, perlahan ya? Jangan cepat-cepat! Nanti mobilnya bisa terbang. hehee

Catatan: Cara mengendarai mobil matic di atas menggunakan mobil Daihatsu Sirion bertransmisi otomatis. D4 untuk maju dan R untuk muncur. Untuk mobil lain silahkan perhatikan buku petunjuk mobil sobat.

Demikian cara mengendarai mobil matic, semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat untuk belajar mengendarai mobil matic. Oh iya, saya ada tulisan mengenai fungsi shift lock pada mobil matic. Silahkan dibaca untuk menambah kemampuan sobat dalam mengendarai mobil matic. Terimakasih.

Cara Mengendarai Mobil Matic



Comments

  1. Reply

    • By Iqbal Parabi

      Reply

      • Reply

        • By Iqbal Parabi

          Reply

  2. By novi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>