Cara Mengatur Keuangan

Cara Mengatur Keuangan – Masalah keuangan memang menjadi masalah yang utama dalam kehidupan sehari-hari. Keuangan pribadi maupun rumah tangga pasti terdapat banyak kerepotan-kerepotan dalam mengaturnya. Gimana nggak, kita untuk mengatur keuangan pribadi aja kadangan nggak sesuai dan terkadang bisa habis di pertengahan bulan apalagi mengatur keuangan rumah tangga yang memang kebutuhannya sangat banyak banget. Baik suami dan istri bekerja juga terkadang keuangan yang tidak diatur sedemikian rupa bakal berantakan dan nggak ada uang yang bisa ditabung karena perencaann pengeluaran yang kurang baik.

Cara Mengatur Keuangan

Cara Mengatur Keuangan

Untuk keluarga muda seringkali menghadapi masalah keuangan ini, terutama di tahun-tahun pertama pernikahan. Kebiasaan hidup dari kedua belah pihak bisa juga menjadi pemicu masalah dalam mengatur keuangan. Dari yang dia hanya memikirkan kebutuhannya sendiri-sendiri, sekarang harus memikirkan kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan masa depan apabila telah mempunyai anak. Selain keluarga muda, wanita dan lelaku yang belum menikah pun bisa mengalami ini. Apalagi mereka yang baru bekerja dan menerima gaji setiap bulan yang lumayan besar. Tidak menutup kemungkinan mereka berpikir sangat konsumtif. Istilah kata, uang mereka yang cari terserah mau dihabisin juga nggak masalah. Masalah ini lah yang sering menjerumuskan orang-orang yang berpikir seperti ini ke dalam lingkaran hutang. Apalagi saat ini ada jasa kartu kredit yang bisa kapan aja kita gunakan. Untuk orang yang bisa mengatur keuangan mungkin bisa terkendali dengan baik penggunaan kartu kredit, namun untuk orang yang tidak bisa mengatur keuangan dengan baik hutang bertambah dan penghasilan makin berkuran tanpa ada saving. Orang yang mendapatkan penghasilan puluhan juta pun kalo nggak bia ngatur keuangan dengan baik akan mengalami kesulitan di akhir bulan.

Cara Mengatur Keuangan

Apabila kita mengalami hal yang seperti itu, ada baiknya kita perlahan merubah kebiasaan kita dalam menggunakan uang. Kita harus lebih bisa menghargai uang demi kebaikan kita dimasa depan. Ini ada beberapa Cara Mengatur Keuangan yang bisa kita terapkan.

1. Pahami Portfolio Keuangan

Kita harus mengetahui berapa uang tabungan, uang bayar listrik, uang kebutuhan untuk makan setiap bulan, uang untuk bayar kartu kredit, dan yang lainnya.

2. Menabung

Sebaiknya uang yang kita dapat dari bekerja, langsung kita masukkan ke dalam tabungan kita. Misal 30% dari penghasilan harus ditabung. Jangan sampe kita berpikir menabung dari uang sisa kebutuhan kita. Hal ini nggak akan pernah berhasil. Kita harus menabung terlebih dahulu, kemudian uang yang menjadi sisa tadi digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita. Apabila rekening tabungan kita masih menjadi satu antara uang yang harus disimpan untuk masa depan dan untuk kebutuhan sehari-sehari makan lebih baik dipisahkan. Buka rekening tabungan masing-masing. Jadi, kita tidak mengganggu uang yang harus benar-benar kita simpan untuk keperluan masa depan atau hal yang mendadak.

3. Budgeting

Penganggaran sangat penting untuk mengatur keuangan kita. Rencanakan semua pengeluaran secara objektif, nggak usah terlalu ideal sampe-sampe kebutuhan salon, liburan, dan lainnya harus di cut. Tapi memang yang paling utama adalah rencanakan keuangan untuk yang benar-benar menjadi kebutuhan bukan keinginan.

4. Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran bisa membantu kita untuk melihat lagi pengeluaran-pengeluaran kita. Ini bisa menjadi bahan untuk pengeluaran besoknya. Apabila pengeluaran hari ini ternyata melebihi anggaran, maka pengeluaran kemudian hari harus bisa lebih disesuaikan lagi.

5. Hindari hutang

Sebisa mungkin kita harus menghindari hutang. Jalani hidup sesuai kemampuan kita jangan yang lebih dari kemampuan kita. Kartu kredit dan cara berhutang lainnya harus benar-benar ditinggalkan. Apalagi kartu kredit untuk kegiatan konsumtif harus benar-benar ditinggalkan.

6. Investasi

Cara Mengatur Keuangan yang satu ini juga harus dilakukan untuk masa depan yang lebih baik lagi. Saat ini banyak sekali jasa-jasa perusahaan yang menawarkan investasi. Konsultasikan keinginan anda untuk berinvestasi dengan orang yang berada sesuai di bidang tersebut agar investasi kalian tidak salah.

Sekian tulisan tentang Cara Mengatur Keuangan. Mudah-mudahan bisa menambah informasi dan bisa bermanfaat buat kita semua.

Cara Mengatur Keuangan



Comments

  1. By Azura Hikaru

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + = 12

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>