Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

By | August 6, 2013

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah – Setiap orang mungkin pernah mengalami yang namanya tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah itu sendiri berbeda dengan kurang darah atau anemia. Anemia merupakan kurangnya sel darah merah dalam tubuh kita sedangkan tekanan darah rendah merupakan tekanan darah yang kurang dari tekanan darah normal. Biasanya seseorang memiliki tekanan darah normal untuk orang dewasa sekitar 120/90 mmHg. Tekanan darah dikatakan rendah apabila mencapai 90/60 mmHg. Kalo udah mengalami yang namanya tekanan darah rendah, sudah pasti kepala akan terasa sangat pusing. Dan yang pasti akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

cara mengatasi tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh kurangnya asupan cairan dalam tubuh atau dehidrasi sehingga, kerusakan atau kelainan fungsi otot jantung, pendarahan yang hebat, meningkatnya kapasitas pembuluh darah, detak jantung yang tidak normal, dan kekurangan vitamin dan nutrisi dalam tubuh. Penderita tekanan darah rendah biasanya akan mengalami rasa pusing, mual, muntah, bahkan bisa pingsan karena tekanan darah yang rendah. Kebanyakan orang mungkin mengira tanda-tanda mengalami tekanan darah rendah ini merupakan hal biasa atau dampak kelelahan dari bekerja. Namun, ada baiknya untuk memeriksakan tekanan darah apabila sudah merasakan tanda-tanda mengalami tekanan darah rendah.

Selain mengetahui tanda-tanda tersebut, ada baiknya untuk mencari tau Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah agar dapat terhindar dari rasa pusing, mual, muntah, dan pingsan sehingga aktivitas sehari-hari tetap bisa dilakukan.

1. Posisi Tubuh

Masalah yang sering terjadi dalam tekanan darah rendah adalah tekanan darah rendah karena perubahan posisi atau hipotensi ortostatik. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan posisi tubuh dari tidur kemudian berdiri secara tiba-tiba. Oleh karena itu, untuk menghindari hipotensi ortostatik ini, sebaiknya pada saat akan bangun tidur usahakan untuk perlahan-lahan jangan lakukan secara tiba-tiba. Sebaiknya jika kalian dari posisi tidur, pada saat akan berdiri lakukan gerakan-gerakan kecil agar tidak merasakan pusing.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

2. Sayur dan Buah

Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah atau hipotensi juga disarankan agar mengkonsumsi sayur dan buah-buahan secara teratur agar kecukupan vitamin dan nutrisi dalam tubuh tetap terjaga.

3. Olahraga

Olahraga memang sudah menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh semua orang untuk menjaga kesehatan tubuh. Penderita hipotensi atau tekanan darah rendah juga harus melakukan olahraga. Nggak perlu olahraga yang berat, olahraga yang ringan seperti jalan santai selama 30 menit juga sudah baik untuk mengatasi tekanan darah rendah.

4. Posisi Tidur

Penderita hipotensi atau tekanan darah rendah sebaiknya pada saat tidur posisi kepala harus lebih rendah dari posisi kaki.

5. Obat-obatan

Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah dan tidak juga kunjung sembuh, sebaiknya mengkonsultasikan kepada dokter. Dokter akan memberikan obat-obatan yang cocok untuk mengatasi tekanan darah rendah.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah. Semoga bermanfaat 🙂

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.