Cara Mengatasi Sariawan

By | May 26, 2013

Cara Mengatasi SariawanSariawan bentuknya kecil, putih, dan menyakitkannya pake banget. Duh, kalo udah kena sariawan betenya luar biasa ya. Ngomong susah, minum susah apalagi makan butuh perjuangan. Apalagi bangun tidur, pasti sakit banget. Aku pernah sih ngalamin sariawan banyak banget disekitar mulut. Bangun tidur itu rasanya pengen nangis saking sakitnya sariawan itu. Mau minum aja make mikir, padahal cuma air putih doank tapi tetep sakitnya bikin nggak pengen ngapa-ngapain. Ada juga temen aku yang selalu kena sariawan. Pokoknya udah sembuh sariawan satu, muncul lagi sariawan dibagian rongga mulut lainnya. Kasian banget pokoknya. Ciri-ciri dia kalo udah sariawan pasti sangat irit ngomong :D.

Cara Mengatasi Sariawan

Sariawan ini sering banget dialami oleh semua orang baik wanita maupun pria, tua dan muda. Namun, kebanyakan wanita yang sering mengalami sariawan. Sariawan ini merupakan luka pada rongga mulut dengan ditandai adanya bercak putih pada rongga mulut dan rasanya sangat sakit. Biasanya sariawan ini lamanya sekitar kurang lebih satu minggu. Nah, kalo kalian mengalami sariawan terus-terusan dibagian yang sama lebih dari dua minggu harus diperiksakan ke dokter. Sariawan yang lebih dari dua minggu dan ditempat yang sama bisa menjadi indikasi kanker rongga mulut.

Jangan sampe kita mengalami hal-hal yang berlebih karena sariawan. Oleh karena itu kita harus tau bagaimana Cara Mengatasi Sariawan. Namun, sebelum kita mengetahui Cara Mengatasi Sariawan ada baiknya kita bahas dulu penyebab sariawan.

Penyebab Sariawan :

a. Bakteri

Bakteri merupakan salah satu penyebab munculnya sariawan. Hal ini dikarenakan apabila kita sedang mengalami sakit tenggorokan atau penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri maka bakteri itu juga akan memicu munculnya sariawan.

b. Jamur

Sariawan yang disebabkan oleh jamur biasanya muncul karena kurangnya sistem kekebalan tubuh. Jenis jamur yang menjadi penyebab munculnya sariawan adalah Candida Albicans.

c. Kurang Vitamin

Vitamin C, B 2 sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan vitamin tersebut selain dapat memicu munculnya sariawan juga dapat menimbulkan masalah lain. Kurangnya vitamin C biasanya ditandai dengan gusi bengkak dan cenderung sering berdarah, lemas, kulit bersisik. Sedangkan kekurangan B2 akan menimbulkan bibir kering, sariawan, lidah bengkak dan lainnya.

d. Behel

Behel atau kawat gigi juga bisa jadi pemicu munculnya sariawan. Selain behel, masalah yang dapat memicu timbulnya sariawan juga bisa dikarenakan kesalahan dalam menyikat gigi.

Cara Mengatasi Sariawan

Nah, sekarang kita bahas tentang Cara Mengatasi Sariawan agar kita lebih cepat keluar dari ‘siksaan’ si sariawan.

1. Daun Kemangi

Daun Kemangi - Cara Mengatasi Sariawan

Daun Kemangi – Cara Mengatasi Sariawan

Pernah denger daun kemangi? Sering donk ya pastinya. Apalagi kalo sering makan pecel lele pasti sering dapet daun kemangi buat lalapan. Nah, kalo kalian lagi sariawan coba deh manfaatin itu daun kemangi. Caranya cukup dengan mengunyah daun kemangi sekitar 4-5 lembar kemudian minum sambil kumur-kumur.

2. Kunyit

Kunyit - Cara Mengatasi Sariawan

Kunyit – Cara Mengatasi Sariawan

Bumbu dapur yang kalo dipegang pasti ninggalin noda warna kuning ini ternyata banyak banget manfaatnya. Kunyit dapat menjadi obat untuk mengatasi sariawan. Caranya parut kunyit kemudian oleskan pada sariawan.

3. Air Garam

Air Garam - Cara Mengatasi Sariawan

Air Garam – Cara Mengatasi Sariawan

Berkumur-kumur dengan air garam dipercaya dapat mengatasi sariawan yang menyakitkan itu. Campur garam dengan air hangat kemudian kumur-kumur. Lakukan 3 kali dalam sehari.

4. Yogurt

Yogurt - Cara Mengatasi Sariawan

Yogurt – Cara Mengatasi Sariawan

Yogurt dapat membantu menyeimbangkan bakteri di mulut dan tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi yogurt secara teratur untuk mengatasi sariawan.

5. Vitamin

Vitamin - Cara Mengatasi Sariawan

Vitamin – Cara Mengatasi Sariawan

Konsumsi vitamin B dan C dapat membantu mengatasi sariawan. Oleh karena itu, kita harus rajin mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh.

Demikianlah tulisan tentang Cara Mengatasi Sariawan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat :).

Cara Mengatasi Sariawan



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.