Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

By | June 1, 2013

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri – Mendapatkan kesempatan studi melalui beasiswa menjadi keinginan semua orang. Beasiswa sendiri terdiri dari beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri. Selain mencari beasiswa dalam negeri, rata-rata saat ini orang mencari kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Seperti yang kita ketahui bahwa biaya pendidikan di luar negeri terbilang cukup tinggi. Bukan hanya biaya pendidikan, biaya kehidupan juga cukup tinggi. Oleh karena itu, orang yang mempunyai keinginan kuliah ke luar negeri pasti berharap mendapatkan beasiswa ke luar negeri dari instansi pendidikan maupun instansi lainnya.

Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Luar NegeriBeasiswa dibagi menjadi tiga jenis beasiswa yaitu yang pertama beasiswa yang berasal dari kerjasama internasional universitas/institusi di luar negeri misalnya Universitas Gajah Mada (UGM) dengan Tokyo University, dan lainnya. Kedua, beasiswa yang berasal dari lembaga pemerintah/departemen seperti Kementrian Pemuda dan Olah Raga, Deplu, dan lainnya. Ketiga, beasiswa yang berasal dari institusi/organisasi internasional.

Beasiswa itu juga terdiri dari dua jenis yaitu beasiswa yang bersifat penuh dan beasiswa yang bersifat parsial/ sebagian. Beasiswa penuh dan parsial ini maksudnya untuk beasiswa penuh biasanya semua biaya kuliah dan biaya hidup kita ditanggung sedangkan untuk beasiswa parsial itu hanya sebagian biaya yang ditanggung. Misal untuk biaya kehidupan ditanggung oleh peserta bahkan ada juga peserta yang menanggung sebagian uang kuliah.

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa menurut jangka waktu dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu beasiswa untuk kuliah yang bersifat jangka panjang misal S1, S2, S3, dan penelitian. Kemudian beasiswa pertukaran pelajaran. Terkahir, beasiswa event International.

Untuk memperoleh beassiswa ke luar negeri itu tidaklah mudah karena banyaknya peminat beasiswa tersebut. Terbatasnya kursi untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri tersebut mengharuskan kita mengetahui Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri. Disini ada beberapa informasi tentang Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri.

1. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Sebaiknya untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri maupun dalam negeri, kalian harus mencari informasi sebanyak mungkin. Luangkan waktu untuk mencari informasi beasiswa, persyaratan-persyaratan beasiswa, waktu pelaksanaan beasiswa dan batas akhir beasiswa. Carilah daftar beasiswa sebanyak mungkin. Carilah juga beasiswa yang menawarkan sesuai dengan keinginan kalian atau kemampuan kalian. Selain itu juga banyak-banyaklah bertanya dengan orang yang berpengalaman atau yang pernah mendapatkan beasiswa pendidikan tersebut.

2. Lengkapi Persyaratan

Biasanya untuk mendapatkan beasiswa, pihak penyelenggara memberikan persyaratan yang cukup banyak untuk para calon penerima beasiswa. Persyaratan yang diajukan biasanya TOEFL, IELTS, indeks prestasi, indeks prestasi di luar akademik, dan pengalaman berorganisasi maupun pengabdian masyarakat. Oleh karena itu, kalian harus mempersiapkan persyaratan tersebut secara lengkap jauh sebelum beasiswa tersebut berakhir.

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

3. Ikuti Arah Petunjuk

Perhatikan arah petunjuk yang diberikan oleh panitia. Pastikan bahwa kalian sudah menjawab semua peryanuaan dengan jelas dan memuaskan. Jangan pernah mencantumkan informasi yang tidak lengkap. Jangan malas untuk memperbaiki aplikasimu.

4. Perhatikan Tenggat Waktu

Persiapkan yang matang dan terjadwal kapan harus meminta surat rekomendasi dan meminta kepada siapa, kapan harus memasukkan dokumen, dan selanjutnya. Aturlah sedemikian rupa agar kamu punya cukup waktu untuk mengisi aplikasi beasiswa, sehingga kalian dapat menyerahkannya tepat pada waktunya. APlikasi-aplikasi yang terkambat tidak akan dipertimbangkan. Batas waktu pengajuan harus benar-benar diperhatikan mengingat pengajuan beasiswa merupakan sebuah kompetisi.

Demikianlah informasi tentang Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.