Cara Mencegah Osteoporosis

By | April 27, 2013

Cara Mencegah Osteoporosis – Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang kuat dan tulang yang kuat. Tulang yang kuat dapat menopang tubuh kita dengan baik. Namun ternyata, semakin hari tanpa kita sadari tulang dapat rapuh apabila kita tidak merawat tulang dengan baik. Tulang yang rapuh akan menyebabkan kita tidak bisa melakukan apa-apa. Osteoporosis adalah penyakit berkurangnya kualitas jaringan tulang yang dapat menyebabkan kerapuhan pada tulang. Osteoporosis ini dapat dialami oleh siapa saja, baik wanita maupun laki-laki. Tapi, wanita yang sangat beresiko tinggi dalam mengalami osteoporosis. Faktor kehamilan dan memberikan ASI juga dapat menjadikan wanita lebih mudah terkena osteoporosis.

Cara Mencegah Osteoporosis

Cara Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis ini terjadi karena kurangnya konsumsi gizi yang seimbang. Kurangnya konsumsi kalsium dalam tubuh dan vitamin D juga dapat menyebabkan osteoporosis atau yang sering kita sebut dengan pengeroposan tulang. Selain itu ada beberapa penyebab osteoporosis atau pengeroposan tulang yang terjadi pada tubuh manusia, diantaranya.

1. Kekurangan Hormon Estrogen

Osteoporosis dapat disebabkan oleh kurangnya hormon estrogen. Hormon estrogen membantu mengatir pengangkutan kalsium ke dalam tulang pada wanita.

2. Kekurangan Kalsium

Kekurangan kalsium pada tubuh kita dapat menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis.

3. Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan jenis kortikosteroid, barbiturat, anti-kejang dan hormon tiroid yang berlebihan dapat menyebabkan osteoporosis.

Cara Mencegah Osteoporosis

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab dari osteoporosis, kita juga harus mengetahui siapa saja yang beresiko terkena osteoporosis. Rata-rata kita pasti berpikir osteoporosis hanya dialamo oleh orang yang sudah berusia lanjut ternyata tidak semua nya begitu. Dibawah ini ada faktor resiko terkena osteoporosis.

1. Wanita

Wanita rentan sekali terkena osteoporosis. Hal ini dikarenakan pengaruh hormon estrogen  yang menurun pada usia 35 tahun. Wanita menopause juga beresiko terkena osteoporosis.

2. Usia

Semakin bertambahnya usia maka fungsi organ dalam tubuh semakin berkurang. Penyerapan kalsium menurun dapat menyebabkan osteoporosis.

3. Keturunan

Anggota keluarga yang menderita osteoporosis dapat menurun ke anggota keluarga yang lain.

4. Konsumsi makanan dan minuman

Konsumsi makanan dan minuman yang kurang baik seperti minuman bersoda, minuman yang mengandung kafein, dan minuman berbahaya lainnya dapat menyebabkan pengeroposan pada tulang.

5. Kurang Olahraga

Kepadatan massa tulang akan berkurang apabila kurang olahraga.

Cara Mencegah Osteoporosis

Osteoporosi memang dapat dialami oleh siapa saja terutama wanita. Namun bukan berarti osteoporosis tidak dapat dicegah. Kita bisa mencegah osteoporosis dengan cara menjaga konsumsi makanan dan kalsium. Ini ada beberapa Cara Mencegah Osteoporosis yang dapat dilakukan demi menjaga kekuatan tulang.

1. Berat badan

Menjaga berat badan sangat penting dalam mencegah osteoporosis. Berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat memicu munculnya osteoporosis.

2. Hindari Diet Ketat

Berat badan yang berlebihan memang tidak baik. Tapi bukan berarti kita harus melakukan diet ketat. Diet ketat yang dilakukan dapat menyebabkan kurangnya kalsium dan tubuh akan kehilangan nutrisi.

3. Konsumsi Kalsium

Mengkonsumsi kalsium sangat dianjurkan untuk mencegah osteoporosis. Konsumsilah susu, ayam, bayam, makanan laut, dan jenis makanan yang mengandung kalsium.

4. Berjemur

Berjemur dibawah matahari pada saat pagi hari ternyata dapat membantu pencegahan munculnya osteoporosis. Vitamin D dapat membantu proses kalsium dalam tubuh.

5. Olahraga

Olahraga memang sangat penting dilakukan. Bukan hanya untuk mencegah osteoporosis, olahraga juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Inilah beberapa informasi tentang Cara Mencegah Osteoporosis. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Cara Mencegah Osteoporosis



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.