Cara Membuat Sitemap Menggunakan PHP

By | January 11, 2013

Cara Membuat Sitemap Menggunakan PHP – Sitemap merupakan salah satu langkah yang digunakan oleh webmaster atau pengembang aplikasi berbasis web untuk memberitahu atau menginformasikan kepada mesin pencarian seperti Google tentang halaman yang telah dibuat untuk ditelusuri atau di index. Mudahnya, sitemap menginformasikan kalau kita telah menulis sesuatu di web atau blog kita. Sitemap berisi daftar alamat url yang ada pada sebuah web dengan metadata tentang kapan tulisan itu dibuat, seberapa sering tulisan itu diperbaharui, seberapa penting tulisan itu untuk ditelusuri dan lain-lain.

Cara Membuat Sitemap Menggunakan PHP

Pertanyaannya adalah, Apakah kalau kita submit sitemap pasti di telusuri atau crawl oleh mesin pencari seperti Google? Hmhmhmm Jawaban yang tepat menurut saya adalah Iya, tapi harus sabar menanti kapan kita di crawl oleh Google. Pengalaman saya, saya sudah submit sitemap melalui Google Webmaster Tools, namun tidak semua url yang saya submit di index oleh google, tapi lambat laun semua di index. Intinya harus sabar. Ini screenshot yang saya ambil dari Google Webmaster Tools dari beberapa blog saya. Ada yang semua ke index dan ada yang baru sebagian.

Cara Membuat Sitemap Menggunakan PHP

Cara Membuat Sitemap Menggunakan PHP - Contoh Index Google 1

Contoh Sitemap – Index Google 1

Cara Membuat Sitemap Menggunakan PHP - Contoh Index Google 2

Contoh Sitemap – Index Google 2

Pentingkah sitemap dibangun? Jawabannya Sangat Penting. Tentunya, jika kita membuat sesuatu pasti ingin diketahui oleh banyak orang karena memang tujuan kita menulis atau mengembangkan aplikasi untuk membantu orang yang ada disekeliling kita. Terus, bagaimana cara membuat sitemap kalau saya tidak menggunakan CMS seperti WordPress, Drupal atau Blogspot? Itu dia pertanyaan yang bagus. Setelah mengenal apa itu sitemap maka kita akan membuatnya. Terdapat berbagai cara untuk membuat sitemap ini. Tulisan ini memberikan referensi khusus bagi anda yang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman yang digunakan.

Cara Membuat Sitemap Menggunakan PHP

Ada cara manual yang bisa kita gunakan, yaitu dengan mengembangkan sitemap yang menggunakan tipe file xml. Langkahnya dapat anda lihat di www.sitemaps.org. Bagi anda yang suka menggunakan tools yang telah dikembangkan oleh komunitas tertentu, dapat mencoba tools di bawah ini.

Saya menyarankan menggunakan Simple Sitemaps karena panduan instalasinya lengkap dan tidak terlalu rumit dibandingkan yang lainnya. Oke, sekian dulu tulisan saya mengenai Cara Membuat Sitemap Menggunakan PHP. Selamat mencoba dan terus berkarya.

Salam hangat.

Cara Membuat Sitemap Menggunakan PHP



4 thoughts on “Cara Membuat Sitemap Menggunakan PHP

  1. Ariev

    mas gan.. ini sitemapnya 1 kali generate kan ya. kalau buat konten dinamis rekomen pake yg mana? thx

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      bisa lebih dari 1 kali mas, masukin fungisnya di dalam fungsi post dan update post. nanti tiap ada post atau update post terbaru, bisa generate otomatis.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.