Cara Membuat Site di Dreamweaver 8

By | December 6, 2012

Cara Membuat Site di Dreamweaver 8 – Site pada dreamweaver memudahkan para developer dalam memilih file yang dibutuhkan untuk di edit atau di perbarui. Site pada dreamwever dapat dikatakan sebagai project yang sedang aktif digunakan. Berikut cara membuat site di Dreamweaver:

Jika teman-teman menggunakan Dreamweaver 8 ke atas, cara yang digunakan kurang lebih sama, hanya perbedaannya terletak pada tampilan Dreamweaver itu sendiri.

1. Pilih Manage Site

manage site iqbal parabi

Manage Site Dreamweaver

2. Pilih New > Site

3. Masukkan Nama dan Alamat URL site

Nama dan Alamat URL site

Nama dan Alamat URL site

Contoh di atas, saya memberi nama Site “Tugas Akhir” dan URL “http://localhost/ta”. Nama site sesuai dengan nama Project teman-teman, sedangkan URL adalah alamat URL yang digunakan saat kita mengakses melalui browser.

4. Pilih Tekonologi Server

Teknologi Server

Teknologi Server

Jika teman-teman tidak menggunakan server teknologi, maka pilih pilihan pertama, sedangkan jika teman-teman menggunakan server teknologi pilih pilihan kedua, sesuaikan dengan server teknologi yang teman-teman gunakan. Sebagai contoh saya memilih “PHP MySQL”.

5. Pilih Cara Pengembangan dan Lokasi File

Lokasi File

Lokasi File

Pada gambar di atas, saya memilih pilihan pertama, yaitu “Edit dan Test Locally” karena saya mengedit secara local di komputer. Pada lokasi file saya isi dengan “C:\xampp\htdocs\ta” sesuai dengan lokasi file yang saya gunakan. Perlu diperhatikan, penulisan lokasi file harus sesuai dengan alamat folder dan nama file harus sama dengan nama folder yang asli (Case Sensitive), besar kecil diperhatikan. Jadi jangan sampai salah menulis alamat dan nama folder yang teman-teman gunakan.

6. Test URL

Test URL

Test URL

Pertama isikan URL teman-teman sesuai dengan URL yang kita masukkan di awal tadi. Saya memasukkan “http://localhost/ta”, kemudian klik “Test URL”. Jika berhasil akan muncul pop up window berisi pesan “The URL Prefix test was successful“. Jika tidak berhasil, periksa kembali alamat URL yang teman-teman masukkan, jangan sampai berbeda dengan nama folder yang ada di “htdocs” atau “www”.

7. Pilihan Remote Server

Pilihan Remote Server

Saya memilih “No” karena saya hanya menggunakan file ini dengan cara local. Buat teman-teman yang menggunakan Remote Server, dapat memilih pilihan pertama “Yes, I want to use remote server“.

8. Konfirmasi Data Site

Konfirmasi Data Site

Konfirmasi Data Site

Pada bagian ini, kita diberitahu informasi site yang telah kita masukkan sebelumnya. Silahkan teman-teman periksa apakah sudah sesuai atau belum. Jika belum klik “Back” dan perbaiki sesuai keinginan teman-teman sekalian. Jika sudah sesuai, silahkan klik “Done” dan tunggu beberapa saat, program sedang melakukan load data Site kita.

9. Periksa Site

Periksa Site

Periksa Site

Setelah langkah-langkah di atas selesai, silahkan periksa Site yang telah teman-teman buat. Pada gambar di atas, site “Tugas Akhir” telah tercipta dan klik “Done”. Maka site dengan nama “Tugas Akhir” sudah selesai dibuat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pengembangan.

Selesai

Selesai

Selamat….!!! Anda telah berhasil membuat site di Dreamweaver.

Sekian tutorial singkat cara membuat site di dreamweaver 8, mudah-mudahan bermanfaat. Terimkasih.



3 thoughts on “Cara Membuat Site di Dreamweaver 8

  1. lela hanisyah

    gmna caranya bikin web dengan mengunakan css pada dreamweaver 8 tolong bantu ya

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Klik kanan aja mbak. Nanti ada delete. 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.