Cara Melatih Otak Kanan Supaya Kreatif

By | May 30, 2013

Cara Melatih Otak Kanan – Akhir-akhir ini banyak sekali kiat-kiat atau pelatihan-pelatihan mengenai Cara Melatih Otak Kanan. Beberapa mengatakan bahwa otak kanan perlu di asah agar seseorang menjadi lebih kreatif. Seringnya seseorang kesulitan untuk menciptakan sesuatu yang kreatif karena terbiasa berfikir menggunakan otak kiri sehingga otak kanannya jarang digunakan dan menjadi tidak terasah. Untuk itu, dibutuhkan beberapa cara mengasah otak kanan yang nantinya dapat membantu kita untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif. Tahukah kamu? Sikap dan perilaku seseorang sangat di pengaruhi oleh cara berfikirnya. Seseorang dapat menjadi sukses pada bidang yang ditekuninya berdasarkan kemampuan berfikirnya.

Sebelum membahas mengenai cara melatih otak kanan, kita bahas dulu mengenai otak kanan dan otak kiri.  Otak manusia terbagi menjadi dua belahan yaitu Left hemisphere (belahan kiri) yang merupakan pusat bahasa (verbal) yang menjadi fungsi rasional dan Logika, dan Right hemisphere (belahan kanan) yang fungsinya selain dari fungsi verbal yang ada pada otak kiri, seperti  kreatif, irama dll.

Cara Melatih Otak Kanan

Cara Melatih Otak Kanan

Cara Melatih Otak Kanan

Perbedaan fungsi dari otak kanan dan otak kiri :

Otak Kanan

  1. Visual
  2. Berfikir secara acak
  3. Khayalan
  4. Perkembangan Intuitif
  5. Kemampuan Emosional (EQ)
  6. Pandai dalam mengatur pola, warna, bentuk
  7. Mengendalikan ekspresi
  8. Spontan
  9. Non verbal
  10. Perasaan
  11. Pengatur kesadaran
  12. Seni (menari, melukis, dll)

Otak Kiri

  1. Pusat perkembangan Logika
  2. Berfikir terstruktur, teratur
  3. Bahasa verbal
  4. Perkembangan intellegensia (IQ)
  5. Berfikir jangka pendek
  6. Otak yang berkaitan dengan mendengarkan
  7. Realistis
  8. Berfikir analisis, bertahap

Cara Melatih Otak Kanan Supaya Kreatif

Dari segi emosional orang yang lebih banyak menggunakan otak kiri memiliki respon yang berbeda dibandingkan dengan orang yang lebih banyak menggunakan otak kanan. Orang yang lebih banyak menggunakan otak kanan, lebih baik secara Emosional, mereka lebih pandai dalam bersosialisasi, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan yang lainnya, sehingga seringkali lebih baik dalam pergaulan dibandingkan dengan orang-orang yang menggunakan otak kiri. Jika pengguna otak kiri lebih banyak memikirkan perencaan2 terhadap sesuatu, maka pengguna otak kanan cenderung  berfikir secara spontan, namun cepat dalam merealisasikannya. Pengguna otak kanan sebagian besar kurang terlalu banyak pertimbangan, sehingga lebih cepat dan berani mengambil keputusan.

Sebagian besar kita lebih banyak yang menggunakan otak kanan karena terasah selama di bangku sekolah dalam menerima pelajaran. Sehingga sebagian besar ketika lulus dari bangku perguruan tinggi, orang-orang berbondong-bondong untuk memperebutkan kursi sebagai karyawan, jarang yang berani untuk berbisnis, menciptakan hal baru, dan membuka lapangan pekerjaan. Hal ini karena kurangnya keberanian dan kreatifitas. Oleh karena itu, otak kanan manusia perlu di latih. Orang-orang sukses biasanya mampu menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Berikut beberapa kiat2 untuk melatih otak kanan yang dapat mempertajam kinerja otak kanan kita :

  1. Selalu cari lebih banyak solusi untuk satu masalah. Jangan hanya memikirkan satu jalan penyelesaian
  2. Lakukan hal-hal yang tidak biasa atau di luar rutinitas. Lakukan hal-hal baru, coba sesuatu yang baru.
  3. Melihat masalah dari berbagai sudut pandang.
  4. Merubah sutau masalah menjadi batu loncatan untuk mendapatkan hal yang lebih baik
  5. Melihat seseuatu secara menyeluruh

Otak kanan memonitori kerja tubuh bagian kiri, oleh karena itu, membiasakan menyeimbangkan antara kerja bagian tubuh sebelah kanan dan sebelah kiri cukup efektif untu melatih otak kanan. Berikut latihan2 sederhana yang bisa di coba untuk melatih otak kanan:

Cara Melatih Otak Kanan

1. Thumb game

Cobalah untuk membuat satu pola menggunakan tangan kanan dan kiri secara bersamaan. Misalnya membayangkan membentuk pola segitiga menggunakan kedua telunjuk secara bersama

2. Pattern game

Cobalah membuat pola seperti pada contoh sebelumnya di atas sebuah kertas

3. Specific posturing

Bertumpulah di lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sementara kaki kanan diluruskan ke belakang dan tangan kiri diluruskan ke depan. Posisi ini bertujuan untuk mengaktifkan syaraf-syaraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus. Cobalah posisi ini selama 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

4. Specific crawl

Gerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Kemudian, gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. Gerakan ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah gerakan ini secara 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

5. Left-handed handling

Peganglah gagang pintu dan bukalah pintu dengan tangan kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.

6. Left-handed brushing

Gosoklah gigi dengan tangan kiri pada pagi hari. Untuk sore atau malam hari, tetaplah menggosok gigi dengan tangan kanan. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini setiap hari.

7. Left-handed writing

Tulislah nama panggilan Anda dengan tangan kiri di atas kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana pada hari ke-3 Anda dapat menulisnya dengan sangat mudah.

8. Left-handed signing

Buatlah tanda tangan Anda dengan tangan kiri di atas sehelai kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana 2 dari 10 tanda tangan tersebut menyerupai bentuk aslinya.

Sekian dulu informasi dan beberapa cara melatih otak kanan kita. Semoga bermanfaat dan kita menjadi lebih kreatif.

Cara Melatih Otak Kanan



3 thoughts on “Cara Melatih Otak Kanan Supaya Kreatif

  1. Virmansyah

    wah caranya simple-simple ya, patut di coba ini, terima kasih mas 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.