Cara Melatih Anak Berpuasa Dengan Mudah

By | July 9, 2013

Cara Melatih Anak Berpuasa Dengan Mudah – Bulan Ramadhan sudah tiba dan itu artinya kita harus melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Pasti kita semua sudah sangat menunggu bulan Ramadhan. Suasana sahur yang rame dengan orang-orang yang bangunin sahur. Terus suasana sore menunggu buka puasa dengan jalan-jalan sambil nyari makanan buat berbuka, kemudian suasana tarawih bersama. Hal-hal ini yang terkadang buat kita kangen dengan bulan Ramadhan. Selain itu juga bulan Ramadhan merupakan bulan untuk kita semakin berlomba-lomba dalam menabung pahala. Dan bulan Ramadhan juga menjadi kewajiban ekstra untuk orangtua mengajarkan anak berpuasa.

Cara Melatih Anak Berpuasa Dengan Mudah

Berpuasa memang diwajibkan bagi yang sudah akil baligh. Sedangkan yang belum mengalami fase akil baligh memang tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun, ada baiknya orangtua mengajarkan puasa kepada anak sejak dini agar anak lebih mengetahui tentang kewajiban sebagai umat muslim. Memang sih mengajarkan puasa kepada anak cukup sulit karena mereka harus menahan lapar dan haus dari sehabis imsak hingga magribh. Hal ini akan membuat anak-anak mengeluh karena biasanya anak-anak yang senang bermain akan mudah merasa lapar dan haus. Apalagi kalo mereka main dengan teman-teman yang nggak menjalankan puasa, pasti bakal sangat berat.

Cara Melatih Anak Berpuasa Dengan Mudah

Namun. sebagai orangtua jangan pernah putus asa untuk mengajarkan anak berpuasa sejak dini. Orangtua harus mengetahui Cara Melatih Anak Berpuasa Dengan Mudah agar anak mau menjalankan ibadah puasa dengan baik. Mungkin untuk pertama mereka akan berpuasa setengah hari, hal ini lebih baik dibandingkan nggak sama sekali. Yuuk, simak beberapa informasi mengenai Cara Melatih Anak Berpuasa Dengan Mudah.

1. Menjelaskan makna Ramadhan

Bagi para orangtua untuk membuat anaknya mau menjalankan ibadah puasa, ada baiknya bercerita tentang makna ramadhan itu sendiri. Anak-anak biasanya senang mendengarkan cerita. Oleh karena itu, usahakan memberikan cerita ramadhan dengan gaya yang lebih disukai anak-anak. Cerita-cerita agamis tentang ramadhan serta menceritakan manfaat dari berpuasa bagi diri mereka sendiri.

2. Puasa Setengah Hari

Untuk anak-anak yang baru memulai belajar berpuasa, izinkan mereka untuk puasa setengah hari atau bertahap. Biasanya kalo anak-anak sudah sanggup puasa setengah hari maka untuk puasa-puasa berikutnya mereka sudah terbiasa dan bisa berpuasa sehari penuh.

3. Menu Makanan

Dalam mengajak anak berpuasa, ada baiknya ikuti menu makanan favorit dari si anak. Berikan makanan favorit mereka pada saat sahur dan berbuka. Hal ini akan membuat mereka lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa.

4. Jauhkan dari godaan

Anak-anak biasanya akan lebih mudah tergoda dengan makanan dan minuman. Apalagi untuk pertama kalinya mereka menjalankan puasa, pasti mereka akan secara tidak sadar untuk makan dan minum. Sebaiknya kosongkan meja makan dan jauhkan makanan dari hal-hal yang bisa menggoda si anak untuk makan dan minum. Jangan biarkan anak bermain diluar rumah yang bisa membuat mereka mudah merasa lapar dan haus.

5. Hadiah

Memberikan hadiah kepada anak bisa menjadi salah satu Cara Melatih Anak Berpuasa Dengan Mudah. Anak-anak akan lebih mudah menuruti perintah orangtuanya kalo diiming-imingi dengan hadiah. Hadiah bisa berbentuk uang, mainan, atau hal yang mereka inginkan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Cara Melatih Anak Berpuasa Dengan Mudah. Semoga dapat membantu para orangtua untuk melatih anak berpuasa.

Cara Melatih Anak Berpuasa Dengan Mudah



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.