Cara Daftar Tes TPA Bappenas

By | February 13, 2013

Cara Daftar Tes TPA Bappenas – Tes TPA Bappenas merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur kemampuan akademik seseorang. Tes TPA Bappenas menjadi standar acuan secara nasional di Indonesia. Para peserta Tes TPA Bappenas berasal dari berbagai daerah, contohnya saya sendiri yang berasal dari Lampung (Sumatera). Bagaimana cara daftar Tes TPA Bappenas? Cukup mudah namun dari pengalaman saya mesti bolak balik warnet jika tidak punya alat scan atau fax. Kebetulan ketika mendaftar saya diinstruksikan mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti transfer melalui email, namun ada teman yang harus mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti transfer melalui fax.

Cara Daftar Tes TPA Bappenas

Cara Daftar Tes TPA Bappenas

Tes TPA Bappenas

Dari tulisan saya tentang Pengalaman Mengikuti Tes TPA Bappenas  ada  pembaca yang menanyakan cara daftar Tes TPA Bappenas. Melalui tulisan ini saya coba menjawabnya, mudahan-mudahan dapat membantu sobat yang kebetulan ingin mengikuti tes TPA Bappenas ini. Secara terperinci, cara daftar Tes TPA Bappenas adalah sebagai berikut:

1. Cek Jadwal Tes TPA

Langkah pertama adalah cari tahu atau cek jadwal Tes TPA. Sobat bisa melihatnya melalui situs OTO Bappenas di sini. Kita harus tahu dulu jadwal untuk menyesuaikan dengan jadwal kita. Jangan lupa catat nomor petugas TPA Bappenas, ada Contact Person nya di jadwal tes TPA Bappenas.

2. Konfirmasi 1 ke Petugas

Setelah tahu jadwal tes TPA Bappenas, saya sangat menyarankan untuk melakukan konfirmasi ke petugas untuk menanyakan kuota apakah sudah penuh atau belum. Jika sudah penuh, kemungkinan kita akan di jadwalkan di tes berikutnya. Tentu sobat tidak mau kan kalau sudah merencanakan tes di tanggal X tapi harus tes di tanggal Y. Jadi lebih baik bertanya terlebih dahulu sebelum mentransfer biaya pendaftaran. Setelah menanyakan kuota dan sudah tahu pasti waktu tes TPA Bappenas yang akan kita ikuti, tanyakan melaui apa kita harus mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti bayaran karena sesuai dengan pengalaman yang saya ceritakan di pendahuluan. Saya disuruh kirim melalui email dan teman melalui fax. Silahkan ditanyakan melalui apa kita mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti transfer.

3. Download Formulir Pendaftaran

Langkah selanjutnya adalah mendownload Formulir pendaftaran tes TPA Bappenas. Saya sudah menulis tentang Download Formulir Pendaftaran Tes TPA Bappenas. Silahkan dikunjungi tulisan saya melalui link ini. Silahkan isi formulir pendaftaran menggunakan pena.

4. Transfer Uang Pendaftaran

Kirimkan uang pendaftaran melaui ATM atau transfer via internet banking atau di bank milik sobat. Nomor rekeningnya tertera di formulir pendaftaran di atas. Biaya daftar TPA Bappenas tahun 2013 sebesar Rp. 325.000.

5. Kirim Formulir Pendaftaran dan Bukti Transfer

Setelah mentransfer uang pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran, sobat diharuskan mengirim formulir pendaftaran dan bukti transfer. Kirimkan melaui email atau fax sesuai dengan jawaban petugas TPA Bappenas di langkah ke 2.

6. Konfirmasi 2 ke Petugas

Ini langkah terakhir cara daftar tes TPA Bappenas, yaitu konfirmasi ke petugas. Setelah mengirimkan formulir pendaftaran dan bukti transfer sobat konfirmasi kembali ke petugas TPA Bappenas. Tanyakan apakah sudah diterima atau belum formulir pendaftaran dan bukti transfernya.

Itulah cara yang saya lakukan ketika mendaftar tes TPA Bappenas. Jangan lupa mempersiapkan dokumen untuk tes. Dokumen tersebut adalah:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah (Min D3)
  3. Foto Warna (3×4) 2 lembar
  4. Bukti Transfer
  5. Formulir Pendaftaran

Demikian tulisan saya mengenai Cara Daftar Tes TPA Bappenas. Buat sobat yang ingin melakukan tes disarankan untuk berlatih secara online di aplikasi Tes TPA Online yang saya kembangkan. Silahkan baca tulisan saya mengenai Tips dan Trik Menjawab Soal Tes TPA Bappenas. Terimakasih. Semoga Bermanfaat.

Cara Daftar Tes TPA Bappenas



6 thoughts on “Cara Daftar Tes TPA Bappenas

  1. wina

    Saya baru saja mendftr TPA bapenas d brawijaya untuk tes pd tgl 20 april 2013. Saya menghubungi petugas lalu d sruh mentransfer biaya sebesar 400rb ke nomer rekening yg d minta. Saya tanya ke petugas, katany ga perlu kirim formulir pendftaran. Bukti pembayaran d kirim d email, dan nama pendaftar d kirim melalui sms . Apa memang beda” biaya dan cara pendaftaran TPA bapenas tergantung universitas penyelenggara?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Kalau daftar tes di Bappenas langsung, kurang lebih caranya seperti yang saya tuliskan di atas. Namun untuk pendaftaran melalui institusi lain saya kurang paham bagaimana prosedurnya karena memang saya belum pernah mengalaminya. Mohon maaf. Sekadar saran, lebih baik tanyakan secara langsung ke panitia penyelenggara (dengan datang langsung tanpa lewat telpon) yang ada di Brawijaya. Kalau tidak bisa datang langsung, tanyakan petugas Bappenas Pusat (melalui telpon) perihal tata cara dan besarnya biaya pendaftaran jika mendaftar melalui institusi seperti Brawijaya. terimakasih.

      Reply
  2. Nisma

    Maaf saya mau tanya mas iqbal, untuk test TPA bapennas nya dilakukan di jakarta atau secara online ya? Mksh

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Di Jakarta mbak Nisma. Namun tidak menutup kemungkinan di universitas atau institusi yang sengaja mengundang Bappenas untuk melakukan tes di tempatnya. Misalnya Universitas Sriwijaya akan mengadakan tes TPA bersama Bappenas dan tes dilakukan di Universitas Sriwijaya. Mbak bisa mendaftar di Universitas Sriwijaya dan diadakan di Universitas Sriwijaya (tidak di Jakarta). Namun sertifikat tetap resmi dari Bappenas. Terimakasih.

      Reply
  3. monita

    Mas Iqbal..tanya dunk..klo mau tau jadwal tes tpa bappenas slain mlalui website,ada no yg bs dihubungi tidak?buka webnya gangguan trs..mkasii

    Reply
  4. Lena

    Mas, Untuk daftar TPA kan bukti pembayaran n formulir pendaftarannya dikirim via email nih, Emailnya apa ya mas? Thanx

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.