Cara Agar Tidak Mudah Lapar dan Haus Saat Puasa

By | July 11, 2013

Cara Agar Tidak Mudah Lapar dan Haus Saat Puasa – Berpuasa mengharuskan kita nggak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Duh, lumayan buat laper dan haus ya.  Selama 11 bulan kita bisa makan dan minum jam berapa aja dan pada saat kita merasa lapar atau haus. Apalagi kalo aktivitas sehari-hari kita padat pasti rasa haus akan mudah dateng dan kita nggak bisa berbuat apa-apa.  Di bulan puasa  ini kita harus berhenti makan setelah imsak dan baru bisa makan lagi setelah magribh. Tapi, sebagai seorang muslim yang baik kita harus mengerjakan ibadah puasa dengan baik karena puasa merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim.

Cara Agar Tidak Mudah Lapar dan Haus Saat Puasa

Biasanya orang yang berpuasa pasti pake sistem jaga-jaga dan bales dendem pada saat bulan Ramadhan. Pada saat sahur biasanya kita makan dengan makanan yang banyak sampe perut kita terasa penuh untuk berjaga-jaga agar nggak mudah lapar pada saat siang hari hingga magribh. Setelah itu, pada saat berbuka kita biasanya makan sepuasnya karena udah seharian nggak makan dan minum. Sering banget kan ya kalo kita ke pasar buat beli makanan berbuka kita pasti pengen semua makanan yang dijual oleh orang-orang. Padahal ini bisa membuat lambung kita menjadi sakit. Lambung kita sebaiknya diisi dengan makanan dan minuman secukupnya, jangan sampe kepenuhan dan terlalu kosong. Sistem berjaga-jaga dan bales dendem ini malah bisa membuat kita menjadi lemas, nagntuk, dan males untuk melakukan aktivitas.

Cara Agar Tidak Mudah Lapar dan Haus Saat Puasa

Oleh karena itu, daripada kita harus make sistem berjaga-jaga dan bales dendem mendingan baca deh Cara Agar Tidak Mudah Lapar dan Haus Saat Puasa berikut ini. Mudah-mudahan bisa membantu puasa kita semua.

1. Waktu Sahur

Ada yang punya kebiasaan sahurnya mepet waktu imsak nggak? Hayoo, harus diubah itu pola makan sahurnya. Usahakan jangan sampe mepet banget dengan waktu sahur ya soalnya makan dengan buru-buru bisa membuat kita mudah lapar dipagi hari.

2. Makan Dengan Perlahan

Cara Agar Tidak Mudah Lapar dan Haus Saat Puasa yang ke-dua ini berhubungan dengan point yang pertama. Jadi, kalo makan sahur jangan terlalu mepet agar bisa makan dengan cara yang perlahan. Makan dengan perlahan akan membuat makanan dicerna lebih optimal. Sehingga nutrisi makanan untuk tubuh bisa bertahan hingga saat berbuka puasa.

3. Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan pada saat sahur dan berbuka. Hal ini untuk memberikan tubuh cairan yang cukup dari imsak hingga magribh. Mengkonsumsi air putih juga bisa menghindari kita dari dehidrasi sehingga kulit akan tetap lembab.

4. Konsumsi Buah

Pernah denger nggak dengan mengkonsumsi 7 biji kurma bisa menghindari rasa lapar pada saat berpuasa. Kurma mengandung gula dan air yang sangat baik. Pada saat berbuka, lambung butuh makan yang mudah dicerna dan mengandung gula dan air. Kalo misal kebetulan dirumah belum ada kurma, bisa juga diganti dengan mengkonsumsi buah-buahan yang lain.

5. Aktivitasan

Berpuasa bukan berarti kita harus bermalas-malasan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Apalagi kalo udah makan sahur, jangan langsung tidur. Kalo kita tidur maka kita akan bangun dengan rasa lapar dan lemas. Lakukan aktivitas yang bermanfaat agar kalian nggak ngantuk.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Cara Agar Tidak Mudah Lapar dan Haus Saat Puasa. Jangan sampe kalian nggak puasa gara-gara nggak bisa nahan lapar dan haus ya. Puasa itu menyehatkan asal kita bisa mengatur semua pola makan dan waktu dengan baik.

Cara Agar Tidak Mudah Lapar dan Haus Saat Puasa



One thought on “Cara Agar Tidak Mudah Lapar dan Haus Saat Puasa

  1. udugs

    wah boleh juga trik nya,, langsung praktek deh… kebetulan belum sahur nieh

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.