Cara Agar Terhindar Penipuan Onlineshop

By | February 13, 2013

Cara Agar Terhindar Penipuan Onlineshop – Saat ini banyak sekali orang-orang mencari rezeki melalui jualan online atau onlineshop. Cara jualan seperti ini sebenernya bisa membantu kita yang males buat pergi ke toko cari-cari barang. Onlineshop memberikan kita kemudahan, kita tinggal cukup ngeliat melalui internet, melakukan pembayaran dengan mentransfer uang, dan barang datang kerumah kita.

Cara Agar Terhindar Penipuan Onlineshop

Cara Agar Terhindar Penipuan Onlineshop

Kebiasaan belanja online pun sekarang makin merajalela seiring dengan semakin banyaknya orang yang mengetahui internet. Internet bukan hanya untuk mencari informasi melainkan bisa dimanfaatkan untuk mencari uang. Banyak onlineshop yang memang benar menjual barang-barang. Tapi tidak banyak orang yang berjualan secara jujur, kebanyakan orang menyalahgunakan kepercayaan konsumen. Kadangan kan orang-orang atau konsumen yang sudah tergoda dengan produk-produk yang dijual di onlineshop, rela membayar harga sesuai dengan harga yang telah ditentukan penjual. Konsumen rela membayar dengan harga tinggi untuk mendapatkan barang tersebut.

Saya juga mau berbagi pengalaman tentang penipuan onlineshop ini. Hal ini dialami oleh teman satu kosan saya. Dia tertipu uang sebesar Rp. 9.500.000,- untuk membeli handphone yang katanya orang itu punya onlineshop didaerah BALI   dan barangnya itu dari BATAM. Awalnya dia transfer Rp. 3.000.000 tapi si penjual ini make alasan kena bea cukai jadi harus bayar lagi tapi nominalnya saya lupa. Akhirnya total uang yang sudah dia transfer itu Rp. 9.500.000,-. Orang ini mulus lho main tipu nya. Dia tetep melayani telpon atau bbm dari si korban dan dia berhubung dia orang muslim bawa-bawa nama Allah untuk meyakinkan si korban kalo dia bukan penipu. Si Penipu ini janji mau bayar uang Rp. 3.000.000 dari total uang yang telah ditransfer itu. Tapi sampai saat ini belom ada uang masuk ke rekening teman saya ini.

Saya juga heran dengan orang-orang yang tega menipu orang lain dengan uang sebanyak itu. Padahal dia menjual via internet dengan media facebook, web sendiri, dan media lainnya. Sering kan kita temui onlineshop yang menjual handphone dengan harga yang murah yang sering muncul di wall facebook kita. Hati-hati dengan onlineshop itu. Jangan khawatir, media informasi akan mencoba memberikan Cara Agar Terhindar Penipuan Onlineshop.

Cara Agar Terhindar Penipuan Onlineshop

1. Identitas Penjual

Identitas penjual ini harus bener-bener jadi poin penting pada saat kamu mau belanja secara online. Cari tahu nama, alamat, dan toko orang tersebut.

2. Jangan percaya diskon

Untuk masalah ini, biasanya terjadi di onlineshop yang menjual handphone atau barang elektronik lainnya. Kalo harga nya dibawah rata-rata harga pasar, kalian harus bener-bener teliti sebelum membeli.

3. Simpen semua alamat

Bukan cuma alamat penjual yang harus disimpen. Kontak bbm, facebook, blog, dan lainnya harus kalian simpen. Lihat juga testimoni orang-orang tentang produk dan pelayanan mereka.

4. Cek Ekspedisi

Kalo si penjual udah bilang barang udah dikirim,kalian jangan sungkan untuk meminta nomor resi barang tersebut. Kamu bisa langsung cek keberadaan barang kamu di sana.

5. Search engine

Nah, yang satu ini harus bener-bener dimanfaatin kalo kamu udah ngerasa ada yang nggak beres. Kamu ketik nama onlineshop tersebut dan lihat apa hasil yang di dapat. Kalo emang ternyata itu onlineshop penipu, segera batalkan dan apabila kalian sudah terlanjur mengirim uang segera kirimkan testimoni ke social media yang dia gunakan dan kalian harus sabar.

Sebagai pembeli kita juga harus lebih cerdas dalam menyikapi semuanya. Jangan karna tergiur dengan harga murah jadi kita rela langsung mentransfer uang tanpa ada pengecekan ulang. Semoga tulisan Cara Agar Terhindar Penipuan Onlineshop dapat membantu anda.

Cara Agar Terhindar Penipuan Onlineshop



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.