Cara Agar Anak Menjadi Pintar dan Cerdas

By | May 3, 2013

Cara Agar Anak Menjadi Pintar dan Cerdas – Kepintaran dan kecerdasan seorang anak harus dibentuk sejak dini. Dari anak tersebut masih bayi, orangtua harus berperan aktif dalam tumbuh kembang anak. Orangtua harus memperhatikan perkembangan otak anak agar bisa tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas. Banyak orangtua rela mengeluarkan uang demi pendidikan anak agar anak dapat menjadi pintar dan cerdas. Saat ini sudah banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan untuk anak usia dini. Banyak orangtua yang memasukkan anaknya ke lembaga pendidikan tersebut dengan tujuan agar anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik. Bukan hanya perkembangan otak, tetapi juga hubungan anak dengan orang lain agar bisa bersosialisasi.

Cara Agar Anak Menjadi Pintar dan Cerdas

Cara Agar Anak Menjadi Pintar dan Cerdas

Pada dasarnya, kepintaran dan kecerdasan anak bukan hanya dapat dibentuk di lembaga-lembaga pendidikan. Peran serta dari orangtua dalam tumbuh kembang seorang anak juga sangat berpengaruh untuk kepintaran dan kecerdasan anak.

Perkembangan panca indera seorang anak juga harus diperhatikan. Perkembangan panca indera seperti indera penglihatan, perasa, penciuman, pendengaran, dan peraba sangat berpengaruh besar dalam perkembangan otak anak. Selain itu, masih ada faktor-faktor lain yang dapat mendukung anak menjadi pintar dan cerdas. Yuk, kita simak beberapa Cara Agar Anak Menjadi Pintar dan Cerdas.

1. ASI Ekslusif

Seorang anak akan lebih tumbuh dengan baik apabila dari bayi sudah diberikan ASI ekslusif dari ibunya. ASI dapat meningkatkan kecerdasan dan kepintaran anak yang sangat baik. Nahm bagi para calon ibu dan ibu yang masih mempunyai anak bayi usahakan untuk selalu memberikan ASI. Sekarang ini banyak ibu muda yang takut memberikan ASI Ekslusif karena takut bentuk badan yang kurang bagus, tapi lebih baik merelakan bentuk tubuh yang tidak bagus dibanding merelakan anak menjadi kurang cerdas.

2. Komunikasi

Komunikasi sangat penting dalam membantu perkembangan otak si anak. Biasakan untuk mengajak anak mengobrol hal-hal yang baik. Ingat ya, gunakan cara berbicara yang baik jangan menggunakan cara berbicara cadel.

Cara Agar Anak Menjadi Pintar dan Cerdas

3. Gizi Seimbang

Gizi yang seimbang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang seorang anak. Biasakan anak untuk makan makanan yang sehat, hindari makanan yang cepat saji dan banyak mengandung bahan pengawet. Omega -3 juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Omega -3 bisa didapatkan dari konsumsi ikan seperti ikan salmon, tuna, cod, dan lainya.

4. Bercerita dan Bermain

Biasakan untuk bercerita dengan anak. Ceritakanlah dongen-dongeng dengan menggunakan imajinasi yang baik. Ajak juga anak bercerita sambil bermain. Bisa saja kalian mempraktekkan tokoh dongeng didalam cerita agar anak bisa lebih mudah menangkap cerita tersebut.

5. Musik

Mendengarkan musik kepada anak dipercaya dapat meningkatkan ketajaman otak. Biasakan mendengarkan musik kepada anak setiap saat sebelum anak tidur.

Demikianlah beberapa Cara Agar Anak Menjadi Pintar dan Cerdas. Semoga tulisan ini dapat membantu :).

Cara Agar Anak Menjadi Pintar dan Cerdas



2 thoughts on “Cara Agar Anak Menjadi Pintar dan Cerdas

    1. Iqbal Parabi

      Bisa mas Guh, suruh banyak2 nulis di blog. Dengan menulis bisa nambah pengetahuan. hehehe

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.