Beasiswa Unggulan (BU) 2013 Dikti Diganti dengan BPP-DN dan BPP-LN

By | March 25, 2013

Beasiswa Unggulan (BU) 2013 Dikti Diganti dengan BPP-DN dan BPP-LN – Salam hangat sobat blogger sekalian, kali ini saya mau berbagi informasi mengenai beasiswa unggulan (bu) 2013 dikti yang saat ini digantikan dengan BPP-DN dan BPP-LN. Mengapa beasiswa unggulan diganti menjadi BPP-DN dan BPP-LN? Saya sendiri tidak terlalu tahu alasannya kenapa? Mungkin agar lebih efektif dan efisien atau ada alasan lainnya, tetapi yang jelas, jika sobat mencari beasiswa unggulan atau bu dikti pada tahun 2013 ini, pasti sobat tidak akan menemukan informasi tersebut karena dilansir dari situs resmi dikti, saat ini beasiswa yang ada adalah BPP-DN dan BPP-LN.

Beasiswa Unggulan (BU) 2013 Dikti Diganti dengan BPP-DN dan BPP-LN

Format beasiswa BPP-DN dan BPP-LN pun tidak jauh berbeda dengan format beasiswa unggulan (bu) calon dosen. Namun, ada beberapa hal yang berubah seperti cakupan bidang studi yang lebih sedikit dan jumlah dana yang diterima peserta beasiswa BPP-DN dan BPP-LN yang lebih besar.

Tulisan saya kali ini akan saya buat seperti FAQ (Frequently Asked Questions) atau pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan para pemburu beasiswa unggulan (bu) 2013 dikti yang telah berganti nama menjadi BPP-DN dan BPP-LN. Berikut ini beberapa gambarannya:

Tanya: Apa itu BPP-DN?

Jawab: BPP-DN adalah singkatan dari Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri yang diberikan oleh dikti.

Tanya: Siapa saja peserta BPP-DN 2013 ini?

Jawab: Peserta BPP-DN dalam negeri adalah:

  1. Dosen Tetap
  2. Calon Dosen Perguruan Tinggi
  3. Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Berstatus PNS

Tanya: Berapa lama waktu pemberian beasiswa ini?

Jawab: Untuk S2 selama 24 bulan sedangkan untuk S3 selama 36 bulan.

Tanya: Kapan waktu pendaftaran beasiswa BPP-DN ini?

Jawab: Pendaftaran online tanggal 1 April – 30 Mei. Sedangkan Pendaftaran di PPs penyelenggara sesuai dengan kebijakan PPs penyelenggara tersebut.

Tanya: Persyaratan BPP-DN ini apa saja?

Jawab:

Untuk Calon Dosen:

  • Lulusan terbaik perguruan tinggi untuk berkarir sebagai calon dosen.
  • IPK S1 untuk melanjutkan S2 : 3.00 dengan umur maksimal 26 tahun sedangkan IPK S2 untuk melanjutkan S3 : 3.25 dengan umur maksimal 28 tahun.
  • Bersedia menerima ikatan kerja dengan Dikti minimal (N+1).

Untuk Tenaga Kependidikan:

  • Tenaga kependidikan terbaik untuk tetap berkarir sebagai tenaga kependidikan.
  • Tenaga kependidikan berstatus PNS dan tenaga kependidikan tetap PTN.
  • Lulus seleksi sebagai mahasiswa di PT penyelenggara
  • IPK S1 untuk melanjutkan S2 : 2.75 dengan umur maksimal 40 tahun sedangkan IPK S2 untuk melanjutkan S3 : 3.25 dengan umur maksimal 42 tahun.

Tanya: Bidang keilmuan apa yang bisa mendapatkan beasiswa BPP-DN 2013 ini?

Jawab:

Untuk Calon Dosen 2013:

  1. Ilmu Bahasa
  2. Ilmu Kependidikan
  3. Ilmu Kesehatan
  4. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  5. Ilmu Teknik
  6. Ilmu Pertanian
  7. Ilmu Kesenian dan Ilmu Kebudayaan
  8. Olahraga
  9. Manajemen Kebencanaan
  10. Pariwisata

Untuk Tenaga Kependidikan 2013:

  1. Bahasa Asing (bahasa PBB)
  2. Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
  3. Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi
  4. Manajemen Pendidikan Tinggi
  5. Akuntansi (Dibatasi untuk mengambil topik risetnya pada teknik akuntansinya saja, bukan akuntansi prilaku)
  6. Ilmu perpustakaan
  7. Ilmu Hukum (legal drafting)

Tanya: Berapa dana yang didapatkan peserta beasiswa BPP-DN ini?

Jawab:

Beasiswa Unggulan (BU) 2013 Dikti Diganti dengan BPP-DN dan BPP-LN

Komponen biaya

Itulah beberapa gambaran mengenai beasiswa unggulan (2013) dikti yang saat ini berubah nama menjadi beasiswa BPP-DN dan BPP-LN. Untuk lebih lengkapnya tentang Beasiswa Pendidikan Pascasarjana sobat bisa download Sosialisasi Beasiswa BPP-DN 2013 Dikti.

Untuk pertanyaan yang mungkin mau ditanyakan bisa tulis komentar di bawah ini. Saya akan berusaha menjawab sesuai kapasitas saya. Terimakasih.

Beasiswa Unggulan (BU) 2013 Dikti Diganti dengan BPP-DN dan BPP-LN



343 thoughts on “Beasiswa Unggulan (BU) 2013 Dikti Diganti dengan BPP-DN dan BPP-LN

      1. abdurrahman

        assamualaikum bapa/ibu ulun mau melaporkan bahwa bidikmisi ulun masuknya coman sebagian. datanya sbb: Nama : Abdurrahman fakultas : Perikanan UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT NO REK : 031-00-0978696-6 bidikmisi yg masuk : Rp. 2.456.000 UKT : Rp. 2.015.000 jumlah : Rp. 4.471.000 jadi yg belum masuk: Rp. 1.129.000 kepada bapa/ibu ulun muhun tolong urus akan secepatnya. karna yang bidikmisi ini sangat memerliukan. terimakasih atas perhatiannya wasalam

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          walaikumsalam. Maaf, bukan kapasitas saya menanggapi ini. Saya mahasiswa juga, cuma saran saya sabar aja mas Abdurahman. Terimakasih.

          Reply
  1. didin

    kalau batas pendaftaran online BPP LN untuk keberangkatan september 2013 kapan ya? soalnya di buku pedoman tidak dijelaskan secara detail mengenai deadline pengisian borang online yang ada di websitenya dikti. help me doooong mas iqbal tengkiu

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Klo yg LN saya sendiri belum paham mas didin. menurut sata tunggu panduan dr dikti dulu krn yg skrang baru sosialisasinya saja.

      Reply
      1. didin

        buku pedomannya udah keluar, tapi infonya *menurut saya* kurang gamblang, jadwal kegiatannya kurang detail ๐Ÿ™ ada saran kemana saya harus tanya? wong coba tanya di link “tanya jawab” di websitenya dikti gak ada tanggapan

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Mohon maaf mas, saya tidak bisa membantu kalau yang ini. Karena memang saya tidak ada pengalaman, informasi dari teman atau yg lainnya mengenai beasiswa yg luar negeri. Sekali lagi saya mohon maaf.

          Reply
      2. sartana

        kalau dah daftar di dikti online. terus ada keterangan daftar ke pps itu bagaimana caranya gan?

        Reply
        1. sartana

          saya kan baca di sosialisasi BPPDN gan. saya lum paham PPS itu pa?

          Reply
          1. Iqbal Parabi Post author

            PPs singkatan Program Pascasarjana mas.

        2. Iqbal Parabi Post author

          Maksudnya mas harus mendaftar ke PPs (Program Pascasarjana) yang mas tuju. Misalnya mas pilih UI ketika daftar online, setelah sls daftar online, mas daftar ke UI dengan melampirkan syarat2 UI dan daftar online beasiswanya tadi.

          Reply
  2. LUKMAN

    kamu itu sumbernya dari mana?? la wong saya lho orang DIKTI beasiswanya masih dibuka kok

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Silahkan dibaca dengan seksama ya mas Lukman. Itu kan ada link download sosialisai bpp-dn 2013 dikti yang sumbernya dari : http://beasiswa.dikti.go.id/dn/index.php/download/file/sosialisasi_beasiswa-bppdn-dikti-2013final-bw. Kalau mas download dan baca dengan seksama pasti tahu. Memang besiswa unggulan masih ada untuk yg tahun2 sebelumnya (< 2013). Untuk tahun ini sudah dirubah atau digabung menjadi 1 nama yg tadinya beasiswa unggulan dan bpps menjadi beasiswa pendidikan pascasarjana. Ada dalam dan luar negeri. Kemudian kalau kurang, silahkan baca tulisan saya tentang Pedoman BPP-DN 2013. Terimakasih.

      Reply
  3. Syahrul

    berkas apa saja yg harus di unduh untuk pendaftar beasiswa BPP-DN untuk calon dosen??? krn dari buku panduannya agak membingungkan….

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Nanti ada Mas Syahrul. Perjanjian dengan univ/sekolah asal. Biasanya ada ketika daftar online di dikti. Sabar. tunggu sampai tanggal 1 april.

      Reply
      1. Syahrul

        ndak papa yach mas, mendaftar dulu terus upload berkasnya belakangan??? apa Mas punya contoh format perjanjiannya???

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Formatnya sudah ada mas, silahkan cari tulisan saya mengenai panduan bpp-dn 2013. Skrang nampaknya tidak menggunakan univ/sekolah asal. Langsung perjanjian antara kita dan dikti. Lebih lengkapnya silahkan baca panduan bpp-dn 2013. Terimakasih.

          Reply
  4. Marlisa

    kalo bru lulus, ipk nya kurang dr 3 bs daftar beasswa yg mana ya? calon dosen kn ga bs?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Maaf. ipk menjadi syarat mutlak untuk bisa ikut BPP-DN mbak Marlisa. Untuk calon dosen minimal 3.00. Kalau kurang tidak bisa ikut beasiswa ini. Beasiswa yg untuk dosen pun pasti mbak Marlisa belum memenuhi syrat. Saran saya cari beasiswa lainnya dan perhatikan requirement-nya. Terimakasih.

      Reply
  5. Habil, S.Pd. Konawe

    Assalamu’alaikum Wr.Wb. Hasil tes toefl dari universitas saya, bisa gk d’terima pada universitas penyelenggara BPP-DN..?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Walaikumslam. Maaf, mas habil daftar di mana? Tiap universitas masing-masing berbeda kriterianya. Kalau TOEFL mas yang ITP dan masih berlaku, rata-rata bisa diterima. Biasanya universitas yang dituju menyebutkan kriteria tersendiri untuk TOEFL.

      Reply
  6. Dian Ranggina

    Selamat Siang… mas iqbal, saya sdh mencoba membaca pedoman BPP-DN 2013, ada beberapa yg ingin saya tanyakan. 1. Harus ada keterkaitan ilmu pada saat S1 dengan program S2 yg akan di ambil. Nah, kebetulan saya lulusan Sarjana Kimia, dan ingin ikut BPP-DN dgn prodi Teknik Kimia, Apakah itu tidak menjadi masalah? 2. Saya mencoba untuk mndftr di website BPP-DN tetapi diminta untuk memasukkan user name n password. Dari mana kita dapat memperoleh info mengenai user name n password.nya agar bisa dftr. 3. untuk format penjanjian calon dosen dengan dikti tahun 2013 ini udh beda, tidak menggunakan persetujuan dari universitas asal lagi, dalam artian kita harus bersedia di tempatkan di mana saja yach mas?! Mohon Bantuannya, dan Terima Kasih.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Maaf saya jawab malam. ๐Ÿ™‚ 1. Untuk yang ini bukan kapasitas saya menjawabnya. Namun yg saya ketahui memang harus linier. Coba tanyakan ke SPS tempat mbak Reggina mendaftar apakah hal tsb menjadi masalah. 2. Silahkan diperiksa alamat urlnya, alamat yg benar adalah http://beasiswa.dikti.go.id/dn/ Sejauh saya mengakses situs tsb tidak meminta username dan password untuk mendaftar. Cara mendaftarnya pilih menu “Daftar Beasiswa”. Kecuali kalau mau melakukan “Ubah Data”, untuk username dan passwordnya silahkan lihat email yang dimasukkan ketika mendaftar. 3. Iya, benar sekali. Sudah ada formatnya dari dikti.

      Reply
  7. wulan

    mas iqbal udah nyoba daftar online BPP-DN blum? sy udah daftar tapi kok bukti registrasi nya gak bisa di cetak ya mas iqbal gmn bisa ga?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      bisa mbak ulan. tp fotonya tidak bisa diupload. ๐Ÿ™ saya masih bingung untuk isi yg NIP/NIK. kan daftar yg calon dosen, seharusnya otomatis itu dilewati, tetapi harus diisi. jadi bingung. saya isi pakai no ktp jadinya.

      Reply
      1. rinaldi

        Mbak wulan saya juga ga bisa cetak bukti pendaftaran, gimana itu ya? karena bukti tersebut penting untuk lampiran ke PPS tujuan. Saya sudah email kontak di dikti belum ada respon ๐Ÿ™ ada Saran ga mas iqbal? terima kasih

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Mas Rinaldi, Link cetak yg tertera di email tidak bisa dibuka? Ada alternatif lain mas klo tidak bisa cetak bukti pendaftaran. Silahkan masukkan link berikut di addres bar (Disarankan Mozilla): http://beasiswa.dikti.go.id/dn/index.php/registrasi/regStep09/cetak_form_registrasi/0/NOMOR_REGISTRASI_ATAU_USER Nah, bagian NOMOR_REGISTRASI_ATAU_USER itu diganti dengan no registrasi atau user punya mas Rinaldi. Kemudian Enter. InsyaAllah bisa kebuka bukti pendaftarannya. Terimakasih.

          Reply
          1. rinaldi

            Wah mujarab mas iqbal terima kasih banyak ya mas, cuma ada yang ingin saya tanyakan lagi mas? Foto kok ga ada ya padahal sudah saya uplod itu gimana mas?

          2. wulan

            iya copas link itu saja sy jg baru tau.. kalo setiap ada perubahan data, tinggal copas link td nanti ada perubahan di bukti pendftrannya..

  8. fajrin

    ass saya mau tanya ni mas, saya udah daftar BPP DN tapi kebetulan saya belum upload surat ijin sama fotonya, setelah saya masuk lewat pilihan ubah data e malah pilihan unggah dokumen udah gak bisa lagi di klik, sebagian data saya gak bisa dirubah. apakah memang kita gak bs ngubah data n unggah file jadi untuk apa disediakan pilihan ubah data.. satu lagi mas universitas yang saya tuju juga gak bisa di ubah? banyak data yang gak bisa di ubah.. mohon infonya mas terimakasih mas –

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      wasalam. Saya juga mengalami hal demikian, untuk upload foto tidak bisa. Kalau ubah data masih bisa mas. Universitas yg dituju juga bisa. Menurut saya alasan tidak bisa karena server saat ini sedang banyak yg menggunakan. Jadi kadang data bisa di update kadang tidak. Silahkan coba beberapa menit aku jam kemudian. Itu yg saya lakukan.

      Reply
      1. Anggra

        Saya juga mengalami hal yang sama, tetapi saya sudah menunggu sekitar 12 jam sejak kemarin dan masih belum bisa mengunggah foto dan surat perjanjian. Tetapi dari pengalaman Mas Iqbal Parabi bisa kan pada akhirnya mengupload foto dan surat tsb? # Sedikit cemas

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Saat ini sudah bisa unggah file. Setelah di browse, klik [klik unggah]. Pada kolom ke tiga akan ada file yg kita unggah.

          Reply
          1. senja

            sampai sekarang saya blm bisa upload foto :'( sudah saya klik unggah tapi malah di kolom ketiga ada tulisan “pengunggahan gagal”

    2. nurul hasan

      Ass. maaf mas iqbal, sy px mslh tentang no. registrasi. pd saat mendftr beasiswa BPPDN online sy blum smpt mengklik printah slsai tanda nomer registrasi akan dikirm ke alamat email qt karena mati lampu, n kbetulan waktu mendaftar sy tdk menggunakan kmputr sndiri tp pk fasilitas warnet. lanya mati lampu skitar 2 jam jadi sy kmbli ke tmpat kerja sy. pas sy blkj k warnt n coba buka lg sdh ndak bs, krn ada printar anda tdk bs melkukan pndftran sebanyak 2 kali, coba cek email anda untuk mencek nomer registrasi anda. dan ktk sy cek d email sy, lingk pngiriman tsb ndak ada krn sblmnya sy blum mlakukan proses pengiriman nomr registrasi k email sy. jd gimana mas solusinya? krn sy blum smpt mengapuod foto sy. tolong solusinya mas.

      Reply
      1. Iqbal Parabi Post author

        Coba periksa emailnya baik2. Saya rasa kalau sudah tidak bisa mendaftar 2 kali, berarti sudah ada datanya mas. Silahkan periksa di folder sampah atau yg lainnya.

        Reply
  9. wulan

    Iya mas iqbal.. trus yg di upload juga cuma surat ijin sama foto.. padahal kan ada surat perjanjian masa ga diupload, apakah ada kemungkinan qt utk mengirim langsung berkasnya ke dikti mas utk surat perjanjian, ijazah, transkip nilai dll..

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Saat ini sudah bisa unggah file. Setelah di browse, klik [klik unggah]. Pada kolom ke tiga akan ada file yg kita unggah.

      Reply
  10. feny

    mas mau tanya ada link unduh untuk formulir pengajuan BPP-DN untuk itb tidak mas? saya baca ada formulirnya mohon pencerahannya..

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Ada di http://sps.itb.ac.id Terimakasih.

      Reply
  11. Yasin

    Mas, saya mau nanya ni, untuk beasiswa BPP DN syarat umurnya 26, Smntara saya 26 lebih 4 bulan, apa ada kemungkinan untuk lolos?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Hmhmhm.. Ini saya kurang tahu mas. Informasinya “Calon dosen adalah 26 tahun untuk S2 terhitung pada tanggal 1 September tahun berjalan”. Coba mas tes daftar onlinenya saja. Kayaknya pas daftar kalau umurnya lebih dari 26 tahun bakalan gak bisa diteruskan step selanjutnya.

      Reply
  12. ari widiya

    maz mau nanya lgi galau nich, spa tau mz bs menjawab kegalauanQ ๐Ÿ™‚ rencananya Q mau lanjud S2 pke biaya sendiri tp liat2 beasiswa dikti pengen ikut juga. itu klo seandainya daftar dua2nya boleh g ya, pke jalur mandiri sm Bpp- DN. rencana mu dftar S2 d UGM. makasiii

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Kalau di UGM saya kurang tau mbak. Tetapi kalau di ITB bisa. Pertama daftarnya jalur beasiswa bpp-dn. Kalau diterima dan lulus juga beasiswanya maka biaya pakai beasiswa. Tetapi kalau diterima namun beasiswanya tidak lulus maka otomatis pakai biaya pribadi. Untuk UGM saya kurang paham. Silahkan tanya langsung ke bagian pasca yg mbak tuju. Terimakasih.

      Reply
      1. wina

        mas, ini infonya mas langsung tanya ke sps itb nya nggak? saya sdg bingung masalah ini juga soalnya.

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Hmhmhm…. Memang seperti itu mbak, kk tingkat saya juga seperti itu dan informasinya memang seperti itu. Oleh karena itu, ketika mendaftar meskipun pakai beasiswa tetap harus melampirkan Surat kesanggupan biaya studi. Okeh ๐Ÿ™‚

          Reply
  13. wulan

    mas iqbal.. untuk unggah surat izin rektor itu formatnya sperti contoh dilampiran yg ada di lampiran 5 atau format lain mas? terima kasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Format yg tertera di panduan bpp dn 2013 mbak. Menurut saya, kalau sudah ada contoh dari dikti tidak perlu menggunakan format lain. Terimakasih.

      Reply
      1. wanda hamidah

        MAS IQBAL,, apa surat keterangan dari rektor itu wajib ada ya??

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Mbak mendaftar sebagai apa? Calon dosen, dosen atau tendik?

          Reply
  14. nie

    mas.. kalau untuk yang jenis pekerjaan, instansi asal, dll itu gmn ya? di isi (-) saja ya mas? krna sy blum bekerja mas

    Reply
  15. nie

    mas.. kalau untuk yang jenis pekerjaan, instansi asal, dll itu gmn ya? di isi (-) saja ya mas? krna sy blum bekerja mas iqbal

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      saat mendaftar rasanya instansi asal itu otomatis (lihat notifikasi di sidebar kanan). coba daftar online dulu mbak.

      Reply
  16. muhammad dailami

    makasih mas info dan komentar-komentarnya.. saya ikutan isi NIK dengan Nomor Induk Kependudukan. saya sudah mendaftar tapi belum mengupload surat ijin rektor… kalau untuk calon dosen yang belum punya institusi penaung apakah itu juga harus?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Sepengetahuan saya tidak harus karena ada form perjanjian yang dimana isinya bersedia ditempatkan dimana saja. Itu sepegetahuan saya. Silahkan tanyakan langsung ke PPs tujuan mas Dailami. Terimakasih.

      Reply
    2. Iqbal Parabi Post author

      Mohon maaf mas, NIK silahkan diisi dengan tanda (-) saja. Saya salah informasi. Mohon maaf sebelumnya.

      Reply
      1. Muhammad Dailami

        ok mas, tq… saya udah ganti mas…. tapi saya tidak punya surat ijin rektor… yang harus di upload saat pendaftaran online… apa mas iqbal juga upload?

        Reply
  17. myupo

    mohon pencerahan untuk beasiswa ongoing gimana ya registrasinya sekarang akau lagi s2 di IPB semester 2 dan ingin ikut beasiswa on going mohon pencerahan

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mohon maaf mas Myupo. Belum ada informasi untuk on going. Setahu saya itu diinformasikan oleh PPs tempat mas skrang. Silahkan tanyakan ke PPs tempat mas kuliah skrang. Terimkasih.

      Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          wahh… itu tergantung universitas mas. Kalau di unsri diawali dari ketua jurusan -> dekan -> rektor. Silahkan tanyakan ke jurusan tempat mas bekerja.

          Reply
  18. rinaldi

    Wah mujarab mas iqbal terima kasih banyak ya mas, cuma ada yang ingin saya tanyakan lagi mas? Foto kok ga ada ya padahal sudah saya uplod itu gimana mas?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Untuk foto saya rasa semua begitu. Sistemnya masih kurang bagus. Seharusnya ada foto kita di bukti registrasi itu, tetapi memang tidak ada. Punya saya juga tidak ada. Punya teman juag tidak ada. Karena penasaran saya upload sampai 3 foto. Kesimpulannnya memang tidak masuk fotonya. Salam.

      Reply
      1. rinaldi

        Kayak nya memang begitu ya mas iqbal, mungkin ditempel pakai pasfoto aja ntar. Kalau menu unggah yang pertama yang di unggah surat perjanjian dengan dikti ya mas? untuk calon dosen

        Reply
  19. Dian Maya

    Mas, tolong minta share berkas atau file apa saja yang harus kita persiapkan untuk daftar online bpp-dn. Trims

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mbak Dian Maya, berkasnya harus tulis ulang di office word. Formatnya sudah ada di pedoman bpp dn 2013 ini. Karena memang saya anggap penting, saya juga sudah menulis formatnya (dalam bentuk .doc). Silahkan kunjungi tulisan saya di: http://iqbalparabi.com/format-perjanjian-calon-dosen-dan-dikti-bpp-dn-2013/ Nb: khusus untuk pelamar yang calon dosen dan bersedia ditempatkan di mana saja.

      Reply
  20. febrina dafit

    Mas iqbal, ยชkฯ…ฬฒฬฃฬฅ mw nanya. Utk calon dosen pada ilmu kependidikan ada pembatasannya ng?? Jurusan ะงยชฯ€ฤŸ mw ยชkฯ…ฬฒฬฃฬฅ ambil pendas tw pendidikan dasar. Thn kmrn pendas ng masuk. Apakah thn skrg masuk?? Ntar takutnya ยชkฯ…ฬฒฬฃฬฅ dah daftar ternyata pendas emg ng masuk kategori penerimaan BPP-DN. Makasihh mas iqbal

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Silahkan dibaca dengan seksama panduannya di: http://iqbalparabi.com/pedoman-bpp-dn-2013-dikti/ Download panduannya dan simak lampiran yang tertera. Apakah jurusan mbak febrina ada atau tidak? Untuk lebih meyakinkan lagi, coba daftar online di website bpp dn dikti, nanti ada pilihan universitas tujuan. Otomatis akan ada PT dan Prodi yang available. Terimakasih.

      Reply
      1. febrina dafit

        makasih mas. saya fikir prodi yang diberikan dikti sama diseluruh PT

        Reply
  21. insanitia

    mohon maaf mau tanya mas iqball..sy dftar pps di 2 universitas..pngumuman klulusan tes seleksi d univ. 1 itu tgl 19 mei..rencananya klo sy tdk lulus d univ.trsebut, sy mw ubah data u/ univ. 2 ke laman dikti. itu bs tidak ? krn dftarnya masih bs smpai tgl 30 mei ? mohon informasinya mas. thank sebelumnya.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Saya sudah mendaftar di online registrasi, ketika mau ubah data (unggah foto dll) bisa di ubah datanya. Namun, untuk yang bagian PT Tujuan TIDAK BISA. Silahkan mbak insanitia coba lakukan. Pilih menu “Ubah Data” dan login menggunakan user dan password yg ada di email pendaftaran. Pengalaman saya tidak bisa. Terimakasih.

      Reply
      1. insanitia

        thanks beforehand atas informasinya mas iqbal..sgt membantu ๐Ÿ˜‰ sy blum coba daftar krn sy trkendala saat mengisi data dilaman dikti. sllu ada konfirmasi masukkan NIP/NIK smntra sy dftar u/ calon dosen jd blum ada NIP/NIK..solusinya gimana tuh mas ?

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          NIK diisi pakai No KTP. Di KTP ada Nomor Induk Kependudukan ya? Masukkan saja itu.

          Reply
          1. wulan

            mas iqbal.. kalo sy NIP/NIK diisi (-) soalnya NIK itu nomer induk karyawan, biasanya dipakai utk dosen PTS..

  22. Riri

    Mas, Saya mau tanya. Apakah data program studi tidak bisa diubah? Saya sudah mendaftar kemarin dengan program studi bukan yang saya tuju, karena program studi yang saya tuju belum ada di daftar kemarin. Saat ini sudah muncul tetapi Saya tidak bisa mengganti program studi tersebut. Bagaimana ya solusinya?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Pertanyaannya mirip2 dengan yang di atas mbak Riri. Memang tidak bisa di ubah. Namun, solusinya bagaimana saya juga belum pernah nyoba. Saran saya coba lakukan dafar sekali lagi. Sebelumnya ubah terlebih dahulu data yang lama (NIK, No KTP dll) Baru daftar akun baru lagi menggunakan data yang asli. Ini saran lho mbak, saya belum mencobanya. Silahkan dicoba. Kalau berhasil berikan informasinya di komentar ini biar kalau ada pertanyaan dari teman lainnya bisa dijawab. Terimakasih.

      Reply
  23. Vpietz

    mas kalau daftar ke PPs penyelenggara ko username ma pasword’nya ga valid aja seh, kenapa ya? kalau liat jadwal pps’nya di situs apa ya? thx

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Maaf, mbak atau mas daftar di Perguruan Tinggi mana? Harus tahu dulu PT nya baru bisa saya kasih tanggapan. Terimakasih.

      Reply
  24. tiara

    Asw.Mas, maaf mau nanya. saya skrg msh smstr 8 dan msh brsttus mahasiswa S1. Itu apakah sy bisa ikut mendaftar beasiswa BPP-DN dikti 2013 ini dengan adanya surat rekomendasi dan jaminan dosen pembimbing bahwa sy insyAllah akan lulus sebelum tahun ajaran baru dimulai? terus untuk masalah toefl minimum, syarat tersebut apakah diberlakukan oleh dikti atau hanya pada PTN yang kita tuju saja? Terimakasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Waslam. Wah… Semangat sekali. ๐Ÿ™‚ PTN yg dituju apa ya mbak Tiara? Nampaknya di PTN yg mbak tuju akan menemukan kesulitan karena untuk masuk PTN salah satu syaratnya legalisir Ijazah dan Transkrip (Tidak Boleh menyusul atau menggantinya dengan rekomendasi dan jaminan dari dosen). Silahkan cari terlebih dahulu persyaratan PTN yang mbak tuju.

      Reply
    2. Iqbal Parabi Post author

      Untuk yg toefl hanya di PTN yang kita tuju saja syaratnya. Dikti tidak memberikan kriteria tentang TOEFL.

      Reply
  25. syahrul

    Assalamu alaikum wr. wb… mas, apa udah daftar di websitex DIKTI???terus mas ambil pilihan calon dosen yach??? tolong dishare dong tata cara mendaftarnya,soalnya saya udah daftar tp masih bingung pada pengisian datanya…. 1. Mulai dari data diri apa harus diisi itu NIPx??? 2. Data pekerjaan, kan saya ambil calon dosen tp kok sll minta diisi instansi asal?? 3. Upload berkasnya, apa harus juga ada surat Ijin dari Kopertis padahal kita kan daftar sebagai calon Dosen???

    Reply
    1. wulan

      Izin share aj ya mas syahrul.. 1. kalo sy NIP/NIK di isi (-) soalnya klo NIP itu Nomor Induk Pegawai untuk dosen PTN dan NIK itu Nomor Induk Karyawan biasanya utk dosen PTS 2. setau sy, klo memang blum bekerja sy rasa di isi (-) saja 3. (sy jg msh bingung utk yg upload surat ijin rektor itu) Kalau ada kesalahan.. saling mengingatkan saja ya..

      Reply
      1. Iqbal Parabi Post author

        Iya, benar mbak Wulan. Diisi (-) saja. Saya salah isi NIK dengan NIK yang ada di KTP. Silahkan di Update.

        Reply
        1. senja

          saya mengalami masalah yang sama, tapi di kolom no. telp tetep ga bisa di (-) mas, mbak, bagaimana?

          Reply
        2. Syahrul

          #Mbak wulan, sudah saya coba kasi tanda (-) tp ttp ndak bisa mbak,harus diisi Instansi alanya…. #Mas Iqbal, untuk Surat perjanjianx di upload dimana yach mas??? apa ada t4 khusus uploadx??? salam kenal juga buat semua… kl ada kesulitan, saling sharing aja yach mbak n mas…!!!

          Reply
          1. wulan

            dikasih – aja mas tidak usah pakai tanda kurung.. sy coba bisa kok mas..

          2. Syahrul

            Udah barusan saya coba kok mbak, cuma sekarang harus masukin nomor telpon Instansi… kl dikosongin selalu minta dimasukan lagi nomor telponnya….

          3. Iqbal Parabi Post author

            No telp diisi angka 0 saja mas Syahrul. ๐Ÿ™‚

          4. rinaldi

            mas jadi asal instansi di kosongkan aja? alamat dan telfonnya?

        3. wulan

          Sepertinya pd saat instansi asal jika di isi (-) soalnya kalo di isi (-) pd saat ubah data, instansi asal tsb akan kosong kembali dan harus di isi kmbali.. Kalo yg barusan dftr online, di sblh kanan nya petunjuknya lbh lngkap mengatakan Petunjuk: Bagi pelamar Dosen, Calon Dosen yang sudah mempunyai pengalaman bekerja (asisten, magang, dsb), dan Tendik wajib mengisi Instansi Asal. Instansi Asal Wajib Ditulis Sesuai Daftar Perguruan Tinggi Yang Terdapat Dalam Laman http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/profilpt

          Reply
  26. ARTA

    aslm.. mas ini saya mau tanya, untuk berkas yang diperlukan untuk daftar on-line tu surat ijin rektor ma foto aja yach?? trus kan ada berkas yang harus dikirim ke PPs penyelenggara juga, nah itu berkasnya apa ja yach yg perlu disiapkan untuk dikirim ke PPs penyelenggara???

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wasalam. Mbak mendaftar sebagai apa? Dosen, Calon Dosen atau Tendik?

      Reply
  27. ratih rahhutami

    mas, saya mau tanya. untuk surat perjanjian kan di form ada materainya. Apakah form tsb kita print terlebih dahulu trus dikasih materai lalu discan dan diupload atau kita upload saja tanpa diberi materai? terimakasih untuk jwbnnya mas

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      dibubuhi materai dan tanda tangan dulu. kemudian di scan dan upload. terimakasih

      Reply
  28. ratih rahhutami

    o y mas ada lg hal yg mau saya tanyakan. Untuk calon dosen, surat ijin (lampiran 4) apakah perlu diupload jg atau hanya surat perjanjian (lampiran 1) saja? terimakasih dan mohon bantuannya mas

    Reply
    1. indah

      Kemudian di halaman 65 buku panduan, dinyatakan bahwa lampiran 4 merupakan Perjanjian antara Dosen dan Tenaga Kependidikan Penerima Beasiswa Pendidikan Pascasarjana dengan Program Pascasarjana Penyelenggara BPP-DN. Jelaslah sudah bahwa calon dosen tidak perlu membuat lampiran 4. – See more at: http://panduan-bu.blogspot.com/#sthash.NuVjhpsh.dpuf

      Reply
  29. Linda

    asalamualaikum, mas iqbal saya mau tnya,, bagian unggah berkas itu terdapat surt izin dari rektor (PTN)/(PTS), untuk calon dosen kita perlu di unggah/tdk mas?? baca buku panduan seprti’a tdk ad mas untuk clon dosen, betul tdk mas yg sy pahmin. lampiran 4 dan 1 di unggah jg tdk mas?? mohon bantuannya mas??

    Reply
  30. senja

    mas, saya kan belum bekerja, mau ndaftar sbgai calon dosen, lalu di data pekerjaan, nama instansi, alamat instansi dan no. telp saya kosongi, kok ga bisa ya mas? apa memang harus di isi? bagaimana kalau belum bekerja? mohon bantuannya..

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Diisi dengan tanda min (-). Alamat juga. Klo no telp pake angka 0.

      Reply
      1. indah

        maap maz, mau tnya itu yg tentang instansi udah terlanjur keisi universitas sebelas maret,sy kira kampus asal,lha permasalahne, kok g bisa diganti y maz?? udah tak coba berkali-kali bisa,tpi hasil cek registrasi ttp tertulis uns,minta sarannya donk…trimakasi sblmnya…

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Saya juga mengalami hal yang sama mbak dan tidak ada solusi. Ya sudah pasrah. hehhee ๐Ÿ™‚ Memang sebelum melakukan sesuatu harus lihat pengalaman orang terlebih dahulu.

          Reply
  31. Syahrul

    Oh ia, mas Iqbal…apa mas sudah bisa masuk di adminx BPP-DN…??? gimana caranya yach mas soalx saya coba masukkan user name dari pendaftaran kemarin tp ndak bisa???

    Reply
    1. wulan

      izin share mas syahrul, kalo setau sy utk admin itu hanya utk di akses oleh PPS penyelenggara dan Dikti saja.. soalnya sy coba jg emng gak bisa

      Reply
      1. Syahrul

        Makasih mbak Wulan,kl Surat Ijin dari Kopertis apa mbak wulan ngurus juga yach…??? terus Surat perjanjian dengan Dikti apa diupload juga???(soalnya kan cuma ada dua kolom untuk upload???) Boleh sharing di FB yach dengan mbak wulan??? (salam kenal)

        Reply
      2. Iqbal Parabi Post author

        Benar. Login itu hanya untuk PPs dan Dikti saja. Kita hanya bisa “Daftar Beasiswa” dan “Ubah data”.

        Reply
  32. Aya

    Numpang tanya mas,,, Untuk File rekomendasi di download dmn yaa,,,? atau bisa downloadx nanti slesai dftr,,,? Thx b4…

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Rekomendasi apa ya mas? Kalau beasiswa BPP DN ini ada di panduannya. silahkan mas cari di tulisan saya tentang panduan bpp dn. Terimakasih.

      Reply
  33. Syahrul

    Mas Iqbal….apa mas mengurus juga Surat Izin dari Kopertis???

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Tidak mas, kebetulan saya mau ambil yang calon dosen dan bersedia ditempatkan dimana saja. ๐Ÿ™‚

      Reply
      1. Syahrul

        Hehehehehe…. Ia mas sama saya juga rencana begitu…. jd data2 yg mas upload cuma data apa saja yach mas???

        Reply
  34. fitrah

    mas, waktu kartu regeistrasi nya di cetak kenapa foto nya tidak ada ya..padahal sudah berhasil di upload..trims

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Di Kartu Registrasi memang tidak terdapat foto yang di upload. Saya dan teman2 lainnya pun seperti itu.

      Reply
  35. fitrah

    mau nanya lagi ni mas iqbal..kalau untuk calon dosen apa harus buat surat izin dari kopertis juga ya??

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      maaf, setahu saya kalau calon dosen tidak perlu melampirkan ijin kopertis. Lampirkan saja lampiran 1 yang berisi perjanjian bersedia ditempatkan di mana saja. Setahu saya sampai saat ini seperti itu.

      Reply
      1. Muhammad Dailami

        jadi surat perjanjian itu yang di upload saat daftar ya mas??? hiks… aku bingung untuk maslah surat yang di upload…

        Reply
  36. ira

    Mas, saya mau bertanya 1. format surat rekomendasi tempat kita bernaung ada tidak di panduannya, apa sama dengan yg kopertis itu? 2. untuk univ.tujuan IPB, apakah ada syarat TOEFL dan TPA y diminta?apakah mereka ada mengadakan tes ? apa hanya Administrasi saja?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      1. Ini format yang dibutuhkan untuk daftar beasiswa atau S2? Setahu saya, rekomendasi untuk daftar S2 dan formatnya sudah diberikan oleh univ tujuan seperti contohnya di ITB. Format untuk rekomendasi sudah ditentukan. 2. Kalau ini saya kurang tahu karena saya tidak memilih IPB sebagai univ tujuan saya. Silahkan mbak ira cermati bagaimana seleksi masuk di IPB melalui web resmi Pasca IPB, jika kurang jelas hubungi langsung kontak yang tertera di web resmi pasca IPB. Terimakasih.

      Reply
      1. Muhammad Dailami

        saya mencoba share untuk pertanyaan yang kedua…. kalau untuk yang IPB, kebetulan saya juga daftar di IPB, mereka tidak minta Toefl atau TPA.. mereka minta TPA kalau IPK kita dibawah standar… kata temen saya yang juga kuliah di pasca IPB seperti itu, mereka cuma seleksi berkas…

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Sudah dijawab oleh mas Dailami. Terimakasih.

          Reply
        2. Rina

          maaf mas dailami saya numpang tanya…1). berkas2 apa saja ya yg harus dikirim ke IPB..?? 2). apa kelengkapan berkas untuk jurusan yg satu dengan jurusan yg lain sama…??? mohon pencerahannya ya mas

          Reply
  37. Damy

    Mas Iqbal, tahun 2012 kemarin saya pernah mendaftar bpps tetapi tidak saya lengkapi karna ijin studi saya tidak keluar..di tahun ini ketika ijin studi saya keluar dan saya sedang mendaftar melalui beasiswa BPPs yang sudah berganti menjadi BPP-Dn ternyata akun saya masih aktif dan saya mengalami kesulitan dalam menentukan PT.Tujuan dan prodi Pilihan karena Pt.Tujuan dan prodi pilihan yang dulu saya pilih masih tetap aktif dan tidak bisa diganti…padahal untuk ijin studi saya ini harus linar dng S1 saya dan saya sudah mendaftar di PT. Tujuan yang baru dng prodi yang baru juga….gimana caranya mengganti PT dan prodi tujuan yang lama ke PT. dan prodi Tujuan yang baru???trims mas Iqbal

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mas Damy, banyak juga yang menanyakan hal yang sama seperti mas. Tidak dapat mengganti PTN tujuan. Saya pun begitu ketika mencobanya, saya menyarankan untuk: 1. Membuat akun baru. 2. Kontak ke dikti via email bbp-dn[at]dikti.go.id perihal masalah yang mas Damy alami. Terimakasih.

      Reply
      1. karina alifiana

        atas saran mas iqbal, tadi saya coba dan ternyata bisa mengganti program studi dengan cara membuat akun baru, saya hanya mengganti alamat email menjadi alamat email yang baru, dan berhasil untuk memulai pengisian data dari awal.

        Reply
        1. YENI INDRIYANI

          bagaimana caranya supaya bisa mengganti pilihan PT? apakah harus menghubungi dlu via email ke dikti?

          Reply
          1. Ana Syarifatun Nisa

            mas iqbal, saya ingin tanya saya sudah terdaftar di bppdn dikti tapi saya ingin mengganti PTN tujuan saya, apakah bisa dengan yg disarankan mas iqbal dengan membuat email baru?

          2. Iqbal Parabi Post author

            Mohon maaf, saya tidak bisa memberikan solusi, saya juga tidak bisa mengganti PTN tujuan saya.

        2. citra

          Bagaimana cara mengganti alamat email pada saat pengisian online di Dikti ya mbak? karena bagian alamat email saya kok tidak bisa diganti. Terima kasih.

          Reply
          1. Iqbal Parabi Post author

            Wahh… Itu tidak bisa diganti mbak.

  38. nie

    mas iqbal tau tidak cara menghapus file yg sudah terunggah? pasal nya sy sudah unggah lampiran 1 sama foto tp kok file tersimpannya masing2 jadi ada 2 file mas.. pdahal sy unggahnya hnya sekali saja.. mhon pencerahannya terima kasih

    Reply
  39. febriyanto

    maaf mas iqbal, kalau kita tidak punya surat ijin dari rektor untuk upload surat ijin rektor file apa yang harus kita upload? mohom infonya mas. trima kasih

    Reply
  40. Muhammad Dailami

    Mas…. ada panduan edisi revisi… kalau mas udah download tolong dikoreksi pemahaman saya kalau salah mas… 1. untuk calon dosen, yang diperlukan cuma surat perjanjian dengan dikti (lampiran 1), jadi yang pada pendaftaran online itu kan menu uploadnya untuk surat ijin rektor / kopertis, jadi itu cuma untuk dosen dari PTN/PTS dan juga Tendik ya mas, untuk calon dosen tidak pakai ya… 2. demikian juga untuk surat perjanjian dengan PPS penyelenggara DPP-DN (lampiran 4 dan 5) itu cuma untuk dosen dan tendik ya?.. mohon pencerahannya.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya mas, saya sudah download dan nampaknya versi revisi ini jelas sekali. Menurut saya, pemahaman mas dengan yang saya pahami sama, yaitu: – Calon dosen tidak perlu mengurus surat dari perguruan tinggi asal atau ijin kopertis (lampiran 4 dan 5) melainkan harus membuat surat perjanjian dengan dikti yang isinya bersedia ditempatkan dimana saja (lampiran 1). (Simak halaman 8 antara pedoman lama dan baru) – Pernyataan yang kedua sama dengan pernyataan yang pertama. Tidak perlu membuat lampiran 4 dan 5. Namun, menurut saya untuk upload dokumen, kita tetap harus upload surat perjanjian kita dengan dikti. Tujuannya sebagai bahan/data verifikasi pada saat dikti melakukan verifikasi berkas yang dikirim PPs. Apakah sama dengan yang kita upload jika memang kita diusulkan oleh PPs penyelenggara untuk mendapatkan beasiswa bpp-dn 2013 ini. Itu menurut saya.

      Reply
      1. ika

        Berarti di menu upload yg isinya perjanjian rekto/kopertis bagi calon dosen yg diupload lampiran 1 ya?

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Menurut saya seperti itu, buat jaga2. ๐Ÿ™‚

          Reply
      2. tria

        mas,,, mw tanya sya kn ambil di ITB… kira2 prasaratnya di ITB itu pas daftarny hrus ud pnya sertifikat toefl dn TPA kah??? mksih ๐Ÿ™‚

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          tidak punya tidak apa2. asalkan harus punya sebelum tanggal yang ditentukan. jika tidak maka otomatis tidak lulus. untuk tanggalnya kapan, nanti ada informasi dari itb nya. terimakasih.

          Reply
          1. citra

            Saya berencana mengikuti BPP-DN di ITB. Pada saat registradi online di web ITB ada beberapa langkah yang harus diisi, salah satunya di bagian ‘Program Studi’ terdapat kolom skor TPA dan TOEFL serta tanggal tes yang harus diisi (tidak boleh dikosongkan). Jika saya belum mengikuti kedua tes tersebut, apa yang harus saya lakukan? bagaimana dg proses pendaftaran online nya? Terima kasih infonya.

  41. karina alifiana

    mw numpang nanya, saya lulusan s1 hukum, tapi kenapa untuk program studi ilmu hukum di smua pt yang disediakan untuk BPP-DN tidak tersedia? apakah memang stiap tahunnya dikti memberikan pembatasan program studi? kalau mengambil yang tidak linear diperbolehkan?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Jadi terdapat bidang-bidang keilmuan strategis untuk BPP-DN Calon dosen tahun 2013 ini (Lampiran 3a). Kalau ditanya apakah setiap tahunnya memberikan pembatasan saya tidak bisa menjawab karena itu wewenang dikti. Tetapi perkembangan yang ada, tiap tahun memang berubah. Jika mengambil yang tidak linier nampaknya sulit bisa mendapatkan beasiswa ini. Bahkan PPs penyelenggara yang mengusulkan pun berpikir beberapa kali untuk mengusulkan mahasiswanya ikut bpp-dn. (Menurut saya)

      Reply
  42. ifah

    mas mau share untuk yg asal instansi np.telp sudah saya isikan (0) tapi tetap tdk bisa lanjut dmnta untuk mengisikan ulang

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      (0) diisi pada no telp saja. asal dan alamat instansi isikan tanda min (-).

      Reply
  43. listika

    untuk upload surat perjanjian kemana ya?mksh….mhn pencerahannya ms iqbal…

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Kalau saya upload surat perjanjian dibagian upload Surat ijin rektor/kopertis itu mbak. Tapi jangan lupa, surat ijinnya harus diberi materai dan ditandatangani baru di scan dan upload. Jangan lupa juga untuk dikirim ke PPs tujuan mbak.

      Reply
  44. untsa

    mas, saya mau nanya… untuk daftar calon dosen ke UI itu saya harus mengupload data ke mana? saya telah mengupload data ke dikti, tetapi masih bingung untuk mengakses ke UI nya mengirim via online atau via pos? kalau mengirim online, ke alamat mana ya? trims

    Reply
  45. untsa

    mas, untuk mengakses pps penyelenggara yaitu UI bagaimana caranya ya mas? saya sudah selesai mengupload dan mendaftar di dikti tetapi masih bingung mengakses ke UI nya mengirim berkas online ato via pos? jika online saya mengirim ke mana?saya mendaftar untuk calon dosen

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Ini setahu saya ya mas. Jika mas mendaftar sebagai calon dosen, mas upload ke dikti surat perjanjian bersedia ditempatkan dimana saja nya. Kemudian, di PPs penyelenggara (UI) mas lampirkan bukti pendaftaran online dikti dan surat perjanjian tersebut. Kalau kurang jelas silahkan tanyakan langsung ke UI nya mas.

      Reply
      1. untsa

        ooo jadi saya harus lulus simak ui terlebih dahulu ya mas? sayang sekali pndaftaran pasca sarjana di UI tutup kemarin………saya telat ๐Ÿ™

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Kalau daftar tidak harus lulus dulu mbak. Tetapi kalau sudah daftar, namun tidak lulus ya tidak bisa dapat beasiswa ini. Di pedoman ada kok.

          Reply
          1. untsa

            makasih mas informasinya… namun kemarin adalah hari terakhir pendaftaran simak UI utk gelombang I… sedangkan utk simak UI gelombang 2 akan diadakan pada tanggal 30 juni 2013… Kebetulan untuk Gel. 1 sudah mulai ditutup. Sedangkan di jadwal kegiatan BPP-DN mulai tanggal 7-21 Juni 2013 “PPs Penyelenggara harus menetapkan status Pelamar BPP-DN secara Online melalui laman beasiswa dikti.” dengan demikian berarti kalaupun saya dapat mengikuti simak UI gelombang ke-2 tsb namun sudah terlambat dari jadwal BPP-DN ya mas.. berarti hanya yang mengikuti simak UI gelombang 1 saja yang berpeluang mendapatkan Beasiswa BPP-DN ya mas… ๐Ÿ™

          2. Iqbal Parabi Post author

            Kalau PPs yang dituju UI kemungkinan seperti itu mbak. Namun, untuk PPs lain seperti ITB masih dibuka kok bulan ini untuk pendaftaran Pasca khusus yang mau ambil beasiswa ini. Untuk PPs lain silahkan mbak cek di webnya masing-masing apakah sudah tutup atau belum.

  46. untsa

    iya mas.. saya ingin mengganti tjuan PT yang masih membuka pendaftaran tes… namun saya telah mencoba membuat akun baru dengan email baru namun tetap tidak bisa karena nomor ktp tidak bisa diganti mas… bagaimana ya? terima kasih

    Reply
  47. eka puspita

    Maaf may.tanya juga boleh engga?kalau surat ijin kopertis nya kita peroleh dr universitas yang mau menampung kita setelah lulus S2. Apakah bisa?cz saya tidak mau kalau ditemptkan oleh dikti dimana saja mengingat say perempuan. Jdi maunya kalu bisa tidak sampai keluar kota. Apakah ada yang sudah pernah mencoba?mohon bantuannya terimakasih ๐Ÿ™‚

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Rata-rata teman saya yang mendaftar bppdn 2013 ini juga seperti mbak Eka. Maunya kembali lagi, namun kebijakan dikti tidak bisa kita tawar. Diperjanjian kan tertulis bersedia ditempatkan dimana saja. Nampaknya sulit kalau mau seperti yang mbak katakan. Kalau sudah ada yang mencoba atau belum saya kurang tahu mbak. Mereka pun belum pada upload dokumen.

      Reply
  48. untsa

    iya mas, saya ingin mengganti tujuan PT namun tidak bisa…. pdhal sy telah membuat email baru namun kendala di nomor KTP tdk bisa sama dgn akun yg lama….

    Reply
  49. rini

    asmlkum…apakah di IPB ada di minta nilai toefl, jika kita masuk melalui beasiswa BPP-DN dikti?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Sudah ada yang bertanya seperti ini. Silahkan dicermati pertanyaan yang ada. Pertanyaan Mbak “Ira” tepatnya. Terimakasih.

      Reply
    1. Aish

      Saya juga mengalami kesulitan untuk mengupload data. Bagaimana ini ya? :'(

      Reply
    2. Iqbal Parabi Post author

      Untuk upload nampaknya tidak ada kesulitan lagi saat ini. Pilih file dan klik [klik unggah]. Tunggu beberapa saat dan file sudah terupload. Terimakasih.

      Reply
  50. LaLa

    mas,,saya sdh coba daftar beberapa kali, tp pas tahap konfirmasi tulisanny “A Database eror occured” saya daftar pada mlm hari.., kira2 itu krn koneksinya lambat atw krn apa ya trims^^

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Menurut saya karena koneksi yang lambat dan banyaknya orang yang mengakses situs bpp-dn sehingga yang memiliki koneksi yang cepat yang lebih diutamakan. Silahkan dicoba lagi mbak Lala.

      Reply
      1. LaLa

        trima kasih btw untuk isian data pekerjaan, nama pekerjaannya itu diisi calon dosen ya kalo mendaftar untuk S2 calon dosen, atau dikasih (-) saja?

        Reply
  51. devinta ayunda

    Assalamualaykum.. Selamat siang bapak/ibu di tempat. Saya salah satu calon pendaftar BPP-DN. Mohon info mengenai program S2-Teknologi Pembelajaran. Pada panduan BPP-DN, pada lampiran tertera jurusan teknologi pembelajaran. Dan berdasarkan info lisan dari kaprodi teknologi pembelajaran universitas negeri malang, Beliau telah mendaftarkan jurusan teknologi pembelajaran ke dikti. Mohon infonya Bapak/Ibu. terimakasih. Wassalamualaykum warahmatullohi wabarakatuhu..

    Reply
  52. Cinthia

    Malam mas, saya mau tanya. Waktu daftar pertama x, sy isi di kolom instansi asal sy dg universitas asal sy S1, ternyata instansi asal itu utk yg sudah bekerja. Sy mau ubah data dengan menu “edit data”, kolom instansi asal sy ubah dan saya isikan (-), Tetapi ternyata setelah sy selesai edit, sy masuk lagi ke menu “cek registrasi” instansi asalnya belum berubah. Setelah saya kembali lagi ke menu “edit data” kolom instansi asalnya kembali lagi seperti awal, yaitu asal universitas sy. Bagaimana cara mengatasi kendala tsb, sy ingin ubah dan isikan (-) Thx

    Reply
  53. Rina

    mas saya mau tanya..ada gx dari temen2 disini yg mendaftar ke IPB…??? klo ada tolong share donk kelengkapan dokumen yang harus di kirim ke IPB..thank

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Ada mbak. Lihati diantara komentar2 yang ada. Klo sulit tekan ctrl+f terus ketik “IPB”.

      Reply
  54. Rissa Devina

    apakah maksud dari lulusan terbaik perguruan tinggi dalam negeri pak? apa harus lulusan terbaik di univ. asal? terimakasih atas jawabannya..

    Reply
  55. dedynurdiansyah

    Tolong Info bagaimana cara menghapus Instansi Asal dan nomor telp. pada Data Pekerjaan yang telah terlanjur terisi? padahal saya calon dosen.

    Reply
  56. waza

    mas saya mau tanya berkas apa saja yang perlu di siapkan untuk program calon dosen mas?atas perhatianya terima kasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      1. fotocopy ijazah dan transkrip 2. surat perjanjian (lampiran 1) 3. bukti pendafaran online ini sebenarnya sudah jelas tertulis di panduan yg terdapat di laman http://beasiswa.dikti.go.id/dn

      Reply
  57. YENI INDRIYANI

    Sya mu minta tolong ketika daftar selalu minta no telp instansi meski sudah diisi dengan 0, bgaimna solusinya?

    Reply
  58. YENI INDRIYANI

    kalau mu merubah plihan perguruan tinggi bagaimana caranya?

    Reply
  59. Idris

    Mas daftar bpp dn yg d itb y? Jurusan apa? Ikut gelombg 1 atw 1A. Trus berkas yg dikirim k pps itb apa aja. Mohon info ny?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Informatika mas. Ambil yang gelombang 1. yg dikirim: 1. fotokopi ijazah dan transkrip 2. surat perjanjian bermaterai (lampiran 1) 3. bukti pendaftaran online 4. fotokopi ktp.

      Reply
  60. Niza A. Elangit

    Maaf mas mau bertanya, saya sedang mendaftar online untuk calon dosen. Untuk file yang diunggah kan ada surat ijin rektor yang katanya itu sama dengan lampiran 1. Pertanyaan saya, untuk kolom tanda tangan Bapak Supriadi Rustad nya bagaimana ya mas Iqbal? Apa dibiarkan kosong dan saya hanya menandatanganinya di kolom yang bermaterai lalu langsung diupload?? Terima kasih banyak atas penjelasannya ๐Ÿ™‚

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Tanda Tangan pak Rustad itu tidak diisi mbak. Kirimkan ke PTN tujuan mbak. Itu kata orang2 mbak, namun saya sendiri tidak upload. Bnyak teman yg tidak upload karena memang itu form upload untuk surat ijin rektor dan kita tidak ada. Terimakasih.

      Reply
      1. Niza A. Elangit

        Oooh begitu Mas.. pantas belum saya upload kok saya sdh dapat email hehehe… Makasih banyak ya Mas Iqbal jawabannya ๐Ÿ™‚

        Reply
  61. YENI INDRIYANI

    mas, gmana cranya ingin merubah pilihan PT?tlong bantuannya!

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Maaf mbak Yeni, PT tujuan tidak bisa diubah. Sudah banyak yg menanyakan ini, caranya buat akun baru. Terimakasih.

      Reply
  62. iis fitriyani

    mas mau tanya q dah coba daftar lagi dgn email yg berbeda tetapi tetep g bisa n da catatan klu g boleh daftar lebih dari 1 kali??? solusinya gimana ya mas cz q salah masukkan jurusan kok mas pnginne pend.sains konsentrasi fisika tp mlh salah ngeklik pend.matematika,,,jadinya kan g linear mas cz q s1 nya pend.fisika ๐Ÿ™ ๐Ÿ™ ๐Ÿ™ ๐Ÿ™

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Maaf mbak Iis, saya belum tahu bagaimana solusi mengganti PTN ini. Sudah banyak yang menanyakan, namun saya sendiri tidak bisa. mohon maaf.

      Reply
  63. Anonymus

    Mas mau tanya , ketika daftar online hanya PTN saja yah yang ditawarkan? Untuk PTS nya tidak ada? Padahal di pedoman ada juga PTS . Mohon infonya ya mas.. ๐Ÿ™‚

    Reply
  64. ardi

    Assalam..mas iqbal mau nanya..untuk surat perjanjian antara pihak pertama dengan rektor di lampiran 4 (pedoman_BDN_2013 pdf) itu format suratnya diambil di mana yah ??apa kita buat sendiri ya mas sebelum di upload..mksih banyak

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wah.. jangan buat sendiri. sudah ada di pedoman contohnya.

      Reply
      1. ardi

        oh gitu ya mas??terus formatnya itu diambil dimana mas??oia mas 1 lagii..kan rencana saya melamar ke its dan kampus asal saya unhas..nah yg sy ingin tanyakan apa lampiran 1 dan 4 yg harus sy isi atw cuma lmpiran 1 doang??

        Reply
  65. wina

    Salam, mas Iqbal. Saya wina, rencanannya baru mau daftar BPP-DN dan saya juga baru mau daftar s2 di ITB. Mas Iqbal daftarnya ITB juga bukan, yg mau sy tanyain, di form yang mas kumpulkan ke sps itu sumber biaya pendaftarannya pribadi atau gmn? *berhubung ada surat kesanggupan membiayai program magister yg harus ditanda tangani*, kan kita belum tahu apa kita bakal dibiayai pk beasiswa atau tdk.. terus, nanti kalau sps kita tembus dan lolos tapi beasiswa BPP-DN nya ga lolos, kita masih tetap bisa ikut kuliah dgn biaya pribadi sendiri tidak mas? soalnya nanya ke info s2 emailnya ga dibalas2.. makasih ya mas…

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya, saya juga daftar di ITB. Jadi gini, daftar online di oreg-itb itu diisi saja sumber dananya “beasiswa”, namun ketika melampirkan berkas ke SPs tetap melampirkan surat kesanggupan biaya. Mengapa tetap melampirkan surat kesanggupan biaya? Asumsinya beasiswa belum tentu dapat, jadi harus tetap melampirkan yang surat kesanggupan biaya tersebut. Jika kita tidak dapat beasiswa tetap bisa kuliah di ITB dengan biaya sendiri. Terimakasih.

      Reply
      1. wina

        itu prosedur seperti itu sudah di iyakan/dibolehkan oleh petugas SPSnya kan mas? saya takut malah menyalahi aturan soalnya mas. Terima Kasih ya mas, sukses. sampai jumpa di ITB. Amin… ๐Ÿ™‚

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Hmhmmhmm… Jangan email mbak kalau mau lebih yakin, silahkan telpon langsung, pertanyaannya dijawab kok nanti. Amiin. Mudah2an diterima di ITB.

          Reply
  66. rahmad

    untuk mahasiswa s2 yang lagi kuliah …ada ga beasiswa nya….karna saya lagi kuliah dengan biaya sendiri…harus nya dikti mau la kasih pada mahasiswa yang sedang studi dengan biaya sendiri…

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya mas, seharusnya seperti itu. on going biasanya. Namun untuk saat ini belum ada informasi untuk yg on going. Terimkasih.

      Reply
  67. Tino

    Mas, mohon infonya untuk calon dosen apakah bidang keilmuan yang diperbolehkan diambil hanya 10 bidang keilmuan diatas? Diluar itu misalnya keilmuan ekonomi atau ilmu politik apakah tidak bisa?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mas mau daftar bidang apa? Silahkan di baca panduannya dengan seksama. Itulah bidang yang ditawarkan pada tahun 2013 ini.

      Reply
  68. wong

    om ane dah daftar n dapet user name ma pass tp yg jd masalah ane g bisa masuk k admin pakek tu user name tp pas ane cek registrasi nama ane dah keluar mohon pencerahan’x

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Itu bukan untuk peserta pendaftar beasiswa mas. Tetapi untuk Dikti dan PPs penyelenggara. Sebagai pendftar hanya bisa cek registrasi.

      Reply
  69. Haslinda

    ada yang tau format surat rekomendasi dari rektor buat pengajuan beasiswa Dikti nda? boleh minta file’y?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Ada di panduan BPP-DN mbak Haslinda. Silahkan ke laman: beasiswa.dikti.go.id/dn

      Reply
  70. Ika Rizqi M

    Asslmkm wr.wb Selamat siang Bapak. Saya Ika Rizqi (salah satu calon peminat beasiswa BPP-DN Calon Dosen) Ada yang mau saya tanyakan: Pada laman DATA PEKERJAAN ada instruksi “Instansi Asal Wajib Ditulis Sesuai Daftar Perguruan Tinggi”. Kalau untuk yang daftar sebagai calon dosen apakah ini juga wajib diisi? kalau iya, di isi apa pak? sedangkan saya mendaftar sebagai calon dosen (belum bekerja). Mohon untuk dijawab. Terimakasih.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wasalam. sebenarnya ini sudah banyak ditanyakan oleh teman2 lainnya (lihat komentar2 sebelumnya). silahkan diisi dengan tanda (-) tanpa kurung. dan no telp dengan angka 0.

      Reply
  71. Meilya

    Asslmkm,, Saya mau tanya bagaimana cara menghapus file yang sudah terunggah. karena saya sudah mengunggah foto tapi ternyata ada 2 (dua) file yang tersimpan. Buat teman2 yang tahu caranya tolong bantu saya. terimakasih.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wasalam. tidak bisa dihapus mbak Meilya. Saya sendiri unggah sampai 3 karena sewaktu saya unggah tidak bisa2. ketika bisa, ada 3 foto.

      Reply
  72. Andra saferi Wijaya

    Ass.. Admin mau tanya bisa tidak menggti universitas tujuan BPPDn mas khusus pasca sarjana keperwatan peminatan saya gx da di UGM? bgmna? kmudian berkas yg di serahkan PPs tujuan harus diserahkn langsung atau bisa di kirim?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Untuk mengganti PPs tujuan sampai saat ini belum ada solusi. Namun kalau pertanyaan kedua, itu langsung diserahkan ke PPs tujuan syarat2nya. Bisa dikirim atau tidak tergantung PPs tujuan mas mau menerima atau tidak. Saran saya, silahkan telp ke PPs tujuan mas apakah bisa dikirim atau tidak. Terimakasih.

      Reply
  73. fikriyah As'ad

    Assalamu’alaikum mas Iqbal… Mau Nanya nih,, saya kan Daftar yg Calon Dosen di UGM jurusan Komunikasi… Nah< Alhamdulillah Lancar sampek dapet email…. nah trus pas mau registrasi di PPS Penyelenggar Koq Susah Luar Biasa Usernam/Password wrong terus padahal udah bener sesuai email yg saya terima udah berpuluh-puluh kali dicoba tap gagal sampek skr… Mohon Bantuannya ya Mas Iqbal… Makasiiih… Ditunggu secepatnyaaa… ๐Ÿ˜€ hehheheh

    Reply
  74. irwan

    salam sejahtera, sdr Iqbal, saya berminat untuk bppdn 2013 ini, cm saat mencoba utk daftar melalui beasiswa.dikti.go.id/dn saya masih bingung untuk calon dosen yg kita upload itu surat ijin rektor atau lampiran 1? kalau boleh minta email, atau no hape.. saya juga berminat untuk S2 informatika di ITB.. trims

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya mas Irwan. Silahkan add facebook saya saja biar komunikasi bisa berjalan. Kalau calon dosen, tidak perlu upload surat ijin rektor. Lampiran 1 ada yang menyatakan diupload dan ada yg menyatakan tidak diupload. Saya sendiri bingung upload atau tidak. Tulisannya bukan lampiran 1 soalnya. Sampai saat ini saya belum upload apa2, hanya foto saja.

      Reply
      1. irwan

        okey, sudah saya add.. semoga bisa saling bertukar info dan bisa dpt beasiswa nya.. ๐Ÿ˜€ btw, isi blog nya ini keren bgt.. jempol deh!

        Reply
  75. sayana

    Mas iqbal, saya mau tanya barangkali mas tau, tentang prodi yang ditawarkan di ITB (berhubung mas juga daftar di ITB), saya ingin mendaftar prodi perencanaan wilayah dan kota tetapi saat saya isikan pada prodi tujuan di pendaftaran online, jurusan yang saya minati tidak tertera pada autocomplete, padahal di buku pedoman beasiswa bpp-dn jelas dicantumkan bahwa jurusan PWK termasuk salah satu jurusan yang berhak mengikuti bpp-dn, jadi akhirnya saya memilih prodi arsitektur. Saya pikir bisa diganti setelahnya tp ternyata tidak bisa. Kira-kira bagaimana ya mas? sekarang saya masih kontak dikti via email dan belum ada jawaban.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Klo tentang autocomplete itu mas, rasanya ada namun memang kadang sistemnya lambat respon, jadi gk keluar. Untuk masalah ganti prodi sampai saat ini masih belum ada solusi. Banyak sekali yang bertanya bagaimana caranya, saya pun masih belum bisa menjawabnya. Di blog yg membahas ttg bppdn ini juga belum menemukan solusi. Sistem yang dibuat saya rasa kurang baik, jadi banyak kendala yang dihadapi. Saya mohon maaf klo tidak bisa membantu.

      Reply
    2. sayana

      maksud saya pengisian prodi pendaftaran online adalah ketika saya mendaftar ke web beasiswa bpp-dn, sedangkan untuk kelengkapan ke PTN yang dituju sudah tidak terkendala. Bagaimana ya mas kira-kira? Terimakasih.

      Reply
      1. Iqbal Parabi Post author

        Silahkan daftar langsung ke web bppdn mas. Bingung dimananya? Kalau prodi disesuaikan dengan prodi yang mas tuju. Asalkan prodi yang mas tuju terdaftar sebagai salah satu PPs yang direkomendasikan dikti tidak ada masalah. Tipsnya jangan sampai salah isi prodi saja ketika daftar online. Banyak yg tidak bisa ganti prodi setelah daftar.

        Reply
        1. sayana

          iya saya udah daftar yg di web bppdn itu, gak bingung sih mas, cuma heran aja refresh berkali-kali tapi gak muncul juga prodi yang saya tuju di web nya itu dan saya udah terlanjur isi prodi S2-arsitektur padahal maunya S2 PWK. Tadi sih udah coba email-email ke dikti dan ke CP ny yang mengurus beasiswa bpp-dn. Semoga dibalas cepat aja, skalian mudah2an dapat info bgmn caranya membuat akun baru. Makasih ya mas.

          Reply
          1. Iqbal Parabi Post author

            Iya mas, saya juga bingung dengan sistem onlinenya. Pasti banyak yang berpikir kalau dikti tidak kompeten membuat sistem online, lebih baik outsourcing saja sistem itu. Toh semua bisa berjalan lancar. Tidak banyak kendala yang dihadapi para peserta.

  76. Dwi Eliyani

    mas, mau nanya nih…untuk surat perjanjian pada lampiran 1 untuk perjanjian nomer 2, yang dicoret untuk masa studi s2 berarti sekurang-kurangnya satu/dua kali masa studi normal ditambah satu tahun. nah yang harus dicoret yang mana ya mas?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      ‘dua’-nya yg dicoret mbak dwi, karena jalur dalam negeri. kalau luar negeri ‘satu’-nya yg dicoret. ada di panduan kalau dalam negeri 1n+1.

      Reply
      1. Dwi Eliyani

        terimakasih ya mas iqbal…berarti yang “dua” yang dicoret.okeiii.. kemudian itu nanti di scan kemudian file dijadikan apa mas?doc, atau pdf?

        Reply
  77. Siti

    Mas, mau nanya nih, terkait pendaftaran online BPPDN Dikti ttg data Pendidikan, dalam penulisan Gelar S1, apa ada pembatasan banyak hurufnya? soalnya saat saya isi “Sarjana Pendidikan” yang masuk (saat di menu UBAH DATA) yg tercantum “Sarjana Pe”, sedangkan saat saya ubah dengan “S.Pd”, kemudian saya cek lagi di menu UBAH DATA yang tercantum “S.Pd”.. mohon infonya Mas.. makasih..

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wahh…. itu kan gelar ya mbak, kalau gelar biasanya gk terlalu panjang dan ada batasan di sistem dikti. Kalau sarjana pendidikan ya disingkat jadi S.Pd. Tuliskan saja S.Pd, bukan Sarjana Pendidikan. Salam.

      Reply
  78. Agus Supriyanto

    Untuk mahasiswa on going g bisa ya, harus calon mahasiswa S2 atau S3 ya? Manajemen Sumber Daya Manusia brarti tidak bisa mendapat biasiswa ini?

    Reply
  79. Muhlis

    Pendaftaran online BPPDn telah ditutup, padahal sosialisasinya pendaftaran online sampai tanggal 30 Mei. Bagaimana ini….

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Ditutup? Masih bisa daftar mas di http://beasiswa.dikti.go.id/dn, periksa urlnya.

      Reply
  80. diana

    mas, gimana dong kalo universitas yg dituju belum bisa kita ubah?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      ini belum ada solusinya mbak Diana. Kalau ada solusinya pasti akan saya bagi informasinya.

      Reply
  81. lia

    maaf, mau tanya nih. apa saja yang perlu di upload untuk mendaftar ke dikti? trs perjanjian antara pps penyelenggara itu kapan di lampirkan? setelah lewat? terimakasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Ada di halaman upload ketika daftar online. Mbak Lia mendaftar sebagai apa? Perjanjian dengan PPs penyelenggara itu dibawa ketika mendaftar di PPs penyelenggara. Terimakasih.

      Reply
  82. erika

    mas iqbal..gimana ya, prodi yang saya inginkan gak ada,,, jadi saya pilih yang lain dulu, tapi liat komen2 di atas, gak bisa diubah ya…waduh gimana ya? ada solusi gak mas? trims

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya mbak Erika, tidak bisa diubah dan solusinya belum ada. Banyak yg mengirimkan email ke dikti, namun tidak ada jawaban. Saya sendiri tidak bisa membantu karena setelah saya cari kesana kemari tidak ada caranya.

      Reply
    2. Ayya

      saya juga mengalami hal yang sama dg mbak, saya ud telpon ke diktiny gak diangkat, email juga gak dibalas, dan akhirnya saya tanya ke Program pasca sarjana di PTN yang saya tuju, ternyata katanya walaupun prodi yang saya inginkan tercantum di pedoman BPP-DN tetapi prodi tsb belum tentu tercantum saat pengisian autocomplete d pendaftaran online web dikti. Saya tanya lebih lanjut pihak pasca ny juga gak tau lagi, disuruh tanya dikti saja katanya. Jadi ngerasa di PHP-in deh, mana gak bisa ganti PTN dan prodi tujuan kl ud milih 1 x, dan gak bs bikin akun baru juga. duh.

      Reply
      1. Iqbal Parabi Post author

        Iya mbak Ayya. Nampaknya sistem online dikti masih belum baik sehingga jika terjadi kesalahan tidak ada solusi. Mudah2an kedepannya bisa lebih baik.

        Reply
  83. Moh. Rusdi

    mas iqbal, … mau tanya, begini, beasiswa BPP-DN ini kan dari Dikti yg notabene kemendikbud. Nah,, klo sya adalah lulusan UIN yg notabene kemenag bisa daftar juga g? mkasih sebelumnya,,

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mas mau ambil dimana? Asalkan program studi yg mas tuju Linier dan termasuk dalam Universitas rekomendasi dikti tidak masalah. Masih bisa mendaftar. Silahkan dicoba dulu mas Rusdi.

      Reply
  84. abdul

    saya sudah daftar untuk tenaga pendidikandi ITB dan sudah cetak form registrasi dan dah dapat No Pendaftaran memlalui email tapi saya belum upload surat izin LAMPIRAN 5b yaitu Surat Penugasan PTN Pemilik Dosen, dan apakah untuk tenaga pendidikan harus mempunyai TOEFL, ITP atau ELPT.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Kalau di ITB, baik sumber dana pribadi maupun beasiswa dll harus tetap lulus TOEFL dan TPA. Ini syarat mutlaknya mas Abdul. Terimakasih.

      Reply
  85. Hokiyanto

    Nama: hokiyanto, Tempat taggal lahir, Sumenep 24 April 1987 pilihan jurusan: Ilmu Komunikasi Pilihan Kampus: Universitas Gadjah Mada Asal Kampus: Universitas Negeri Sunan kalijaga Status pelamar: Calon Dosen S2 saya sudah terdaftar di calon penerima beasiswa , tetapi sya bermasalah dengan email yang tidak bisa di buka, sehingga sya tidak bisa mengetahui nomer registrasi dan info-info dari dikti, mohon solusinya dan kalau bisa saya ingin mengganti email untuk memperlancar informasi, atau mohon kalau bisa untuk dikirim ulang nomor registrasi saya ke email rosailiw@yahoo.com. trimakasih, mohon dengan hormat

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mohon maaf dengan sangat mas Hokiyanto. Saya bukan orang Dikti dan tidak memiliki kewenangan terkait BPP-DN. Saya sama seperti mas, sama-sama pendaftar yang ingin berbagi informasi. Untuk masalah ini, saya tidak ada solusi mas. Teman-taman yang ‘senasib’ dengan mas juga belum bisa menemukan solusi. Saya hanya bisa memberi saran agar berusaha membuka email yang telah didaftarkan. Terimakasih.

      Reply
  86. arma

    ada bpp-dn on going gak ya,, mslhnya saya S2 angkatan 2012. Tahun kemaren saya daftar bpps gak dapat, trims. aapun saya dari pasca UNP padang

    Reply
  87. wulan

    mas iqbal..maaf mw tanya, formulir itb yg di beli di gedung annex formulir ap aja mas? mksih mas..

    Reply
  88. Hokiyanto

    oke trimakasih mas. mungkin mas punyak nomernya staf dikti yang mengurusi biasiswa ini, mohon infonya mas,.

    Reply
  89. Widya

    Assalamu’alaikum. Mau nanya nih, saya udah daftar BPP-DN dan sudah ada username dan passwordnya masuk ke email saya, tapi waktu saya mau ubah data malah tertulis ‘Data Tidak Ditemukan Di Dalam Sistem “No Registrasi atau Password” Salah’. Dan saya sudah mencobanya berkali- kali tetap tidak mau. Tetapi kalau mau cetak hasil registrasi mau kok. Terimakasih.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Walaikumslam. Sudah saya jawab lewat facebook ya mbak.

      Reply
      1. Deswan Minanda Liem

        bagi jawabannya dunkkk…. saya juga gitu

        Reply
  90. Evi

    Mas Iqbal, saya peminat BULN Dikti (calon dosen). Saya sudah melakukan registrasi online (tanpa mengupload Surat Ijin Rektor). Menurut panduan, berkas dan kelengkapan dikirim secara kolektif oleh PTN/PTS asal disertai dengan surat pengantar dari pimpinan PTN. Nah, saya kan daftar sebagai calon dosen, apakah benar aplikasi berkas saya harus dikirimkan oleh PTN asal, ataukah bisa saya kirim sendiri? Makasih sebelumnya.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mohon maaf mbak, saya kurang paham untuk yang BPP-LN karena saya tidak ikut yg LN. Daripada nanti salah, lebih baik saya jawab tidak tahu. ๐Ÿ™‚ Coba mbak koordinasi dengan dikti. Terimakasih.

      Reply
  91. Azhur

    Sore mas Iqbal, mau nanya nih. Kalau PT tujuan kita ga terdaftar atau ga ada di auto complete nya web dikti, itu ga bisa daftar beasiswa yah? Jadi kalo mau daftar harus ke PT yg sesuai rekomendasi dikti yah? Prodi tujuan juga ga terdaftar mas. Kirain bisa diketik sendiri tuh PT sama Prodi. Mohon pencerahannya ya. Makasih mas ๐Ÿ™‚

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wah… tidak bisa mas. itu autocomplete. Ada lampiran universitas yg direkomendasikan, kalau universitas yg mas tuju tidak terlampir jadi tidak bisa ikut mendaftar bppdn. Daftar universitas terlampir di buku panduan. Terimakasih.

      Reply
      1. Azhur

        oh, gitu yah. Sayang dong. Mas, ada rekomendasi beasiswa ga selain DIKTI?

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Iya mas, tidak bisa. Hmhmhmm… kalau informasi ttg beasiswa saya biasa searching aja di google. ๐Ÿ™‚

          Reply
          1. Azhur

            Ok sip. Makasih banyak mas infonya. Sukses.

          2. Iqbal Parabi Post author

            Iya mas. sama2. Sukses selalu.

  92. Ario

    Assalamโ€ฆ Surat Pembaca: Sy Ario, rencana saya dan beberapa sahbat saya akan melamar beasiswa Dikti BPP-DN untuk kuliah di UGM Jurusan Hubungan Internasional. Mas, boleh diberi penjelasan dan dan kepastian mengenai jenis Jurusan/Program Studi/ Bidang Keilmuan Strategis yang disediakan oleh BPP-DN 2013. Dalam beasiswa ini Dikti membagi 3 kategori untuk pelamar beasiswa, yaitu: 1.Dosen 2.Calon Dosen, dan 3.Tendik. Untuk Bidang Keilmuan Strategis โ€œTENDIKโ€ ada 7 yaitu: 1. Bahasa Asing (bahasa PBB) 2. Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi 3. HUBUNGAN INTERNASIONAL dan Ilmu Komunikasi 4. Manajemen Pendidikan Tinggi 5. Akuntansi (Dibatasi untuk mengambil topik risetnya pada teknik akuntansinya saja, bukan akuntansi prilaku) 6. Ilmu perpustakaan 7. Ilmu Hukum (legal drafting) Dan untuk Bidang Keilmuan Strategis โ€œCALON DOSENโ€ ada 10 yaitu: 1. Ilmu Bahasa 2. Ilmu Kependidikan 3. Ilmu Kesehatan 4. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 5. Ilmu Teknik 6. Ilmu Pertanian 7. Ilmu Kesenian dan Ilmu Kebudayaan 8. Olahraga 9. Manajemen Kebencanaan 10. Pariwisata Masalah: Kenapa yah Bidang Keilmuan Strategis โ€œCALON DOSENโ€ yg disosialisaikan oleh DIKTI di dalamnya tidak memuat Jurusan Hubungan Internasional, melainkan termuatnya di Bidang Keilmuan Strategis โ€œTENDIKโ€ saja?, Sedangkan informasi dari pihak Kampus UGM dengan jelas menyatakan bahwa Jurusan Hubungan Internasional tetap tersedia bagi pelamar โ€œCALON DOSENโ€ lewat Beasiswa DIKTI BPP-DN.?? Jadi, yang mana yang mesti diikuti??? Kami bingun. Tolong penjelasannya? apa ada sumber resmi yang bisa kami peroleh untuk kejelasan ini? Sangat berterima kasih.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Sudah download panduan yang terbaru? Sudah pastinya. Untuk hubungan internasional memang tertera di Tendik, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa masuk di Calon Dosen. Kalau menurut saya, itu judulnya Bidang Keilmuan STRATEGIS, bukan berarti yg tidak Strategis tidak bisa ikut. Menurut saya lho. Saran saya silahkan daftar sebagai “Calon Dosen”, tidak masalah. Apalagi UGM sudah dengan jelas memberikan informasi kalau HI tersedia untuk Calon Dosen. Satu lagi, ini pribadi saya sih mas ya, saya memang sangat menggantungkan harapan yang besar terhadap beasiswa ini, namun tidak sepenuhnya semua tergantung pada beasiswa ini. Jika tidak lulus beasiswa ini, saya tidak melanjutkan S2. Tidak, tidak seperti itu, saya harus tetap kuliah darimanapun sumber dananya. Menurut saya, ambil S2 bukan undian berhadiah. Mesti dipikirkan matang-matang tentang segala resiko dan tantangan yang ada. Beasiswa hanya sebagai penyemangat saja, toh kalaupun dapet beasiswa kita juga mesti pandai atur keuangan karena uang beasiswa biasanya datang tidak tiap bulan, tapi per 3 bulan atau 6 bulan. Jadi mesti ada modal dulu buat kuliah. Bukan maksud ceramah atau apa, tapi saja juga mau curcol dikit bolehkan? Teman2 yg komentar disini pun pada curcol semua. ๐Ÿ™‚ Terimakasih.

      Reply
      1. Azhur

        Haha, Betul mas Iqbal. Tetap semangat. Sy juga mau curcol nih. Mau ga mau harus tetap lanjut, kan sumber dana bukan cuma beasiswa aja, bisa bisnis juga kan. hhe. Saya aja PT tujuan (Universitas Brawijaya) ga masuk padahal 5 besar indonesia loh (versi Webometrics), pasrah aja. Ya apa boleh buat. haha Buat mas Ario, kalau memang udah yakin, maju terus mas, semangat. Soal Prodi itu kalau mas baca dari atas, banyak yang ngeluh emang. Salut buat mas Iqbal yg selalu menjawab pertanyaan berulang hhe. Saran saya, kalau emang sdh email ke dikti dan ga ada jawaban, ya dimasukin aja di ilmu strategis atau bagian lain yg dianggap mewakili jurusan mas, daripada nunggu terus. Auto complete di PT tujuan dan Prodi itu kayaknya ga berubah deh, sampai ada pemberitahuan resmi dari dikti. Cuma saran ya. Terima kasih.

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Hehee. Ternyata ada juga yg memperhatikan kalau saya menjawab pertanyaan yang berulang. Selama bisa membantu dan bermanfaat insyaAllah siap deh jawab pertanyaan meskipun berulang-ulang. Bener banget, bisnis bisa jadi salah satu sumber dana kuliah. Toh, S2 rata-rata kuliah hanya 3 hari dalam seminggu. Waktu luangnya bisa dipake untuk bisnis. ๐Ÿ™‚ Sukses semua buat yg udah komentar disini. Amiin

          Reply
  93. Ario

    Ya..ya,.ya… untuk Mas Iqmal trims, atas info dan saran2nya. Terima kasih atas informasi dan penyemangatnya jg,… coba dicek juga info dari sini: http: //panduan-bu.blogspot. com /2013/04/daftar-prodi-s2-untuk-bpp-dn-calon-dosen. html, pasalnya di sini dimuat berbagai jurursan dan prodi untuk Calon Dosen, dan di sana termuat apa yg kami harapkan. he..he..

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Iya, itu pun sumbernya dari buku Panduan. Coba mas perhatikan. ๐Ÿ™‚ Yang benar-benar menguatkan kalau HI bisa ikut BPP-DN sebenarnya adalah pihak UGM. Percuma saja toh kalau yang ditulis di laman tsb tertera HI tetapi pihak UGM menyatakan tidak meneriman BPP-DN. ๐Ÿ™‚

      Reply
  94. Dwi Eliyani

    assalamualaikum.. mau nanya nih…kalau misal mau cek apa aja yang udah kita masukkan pada pendaftaran online BPPDN gmn ya caranya? misal mau lihat apa surat perjanjian kita udah bener2 ke upload gtu….makasih…

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      walaikumslam. Ke menu Ubah data aja mbak Dwi. Nanti tiap step udah keisi klo memang lengkap.

      Reply
  95. jannah

    mas saya nyak ya ๐Ÿ™‚ berkas apa saja yang kita kirim melalui pos untuk dikti ?? kita kirim ke alamat mana , terimakasih ๐Ÿ™‚

    Reply
  96. HANIFAH

    bismillah… maaf kak, untuk calon dosen, harus sediakan berkas surat izin rektor? saya bingung, apakah bs duluan mendaftar bppdn kemudian mendaftar PPs tujuan?

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Sepengetahuan saya, calon dosen tidak perlu menggunakan surat izin rektor. Surat izin rektor diperuntukkan dosen dan tenaga pendidik. Calon dosen hanya membuat surat perjanjian bersedia ditempatkan dimana saja (Lampiran 1). Terimakasih.

      Reply
  97. anna

    assalamualaikm,,, maaf kang, saya tertarik untuk medpat beasw namun klo liat BPP-DN ini kayanya saya tidak bisa masuk mengingat jurusan yang ada tidak sesuai. saya adalah lulusan pgmi s1 uin bdg berminat untuk meneruskan studi di pgmi s2 uin malang,,, mhon maaf klo pertanyaannya melenceng, barangkali akang tahu dmna saya bsa mendapatkan beasiswa untuk tahun sekarang? mungkin ada beasiswa lain yang sesuai dengan saya mohon informasinya segera….! sukron wassalamualaikum…..

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      wasalamualaikum. setahu saya, untuk saat ini dari dikti hanya ada itu. beasiswa lain saya kurang tahu. mohon maaf mas kalau jawabannya tidak memuaskan karena memang saya sendiri tidak tahu.

      Reply
  98. Deswan Minanda Liem

    Assalamualaikum mas Iqbal, saya ada beberapa masalah nih dalam seminggu ini dengan website beasiswa BPPDN dikti… 1. jadi kan dikti udah mengirimkan bukti cetak pendaftaran berikut password dan usernya, nahe kemudian ketika saya test untuk mengecek muncul komentar, user anda serta password anda salah padahal itu sudah betul dan itu dikeluarkan dikti melalui email, dan saya udah bisa cetak itu bukti pendaftaran, solusinya gimana ya mas iqbal ? saya udah email dikti tapi yg balas system… bukan operator… 2. karena tak jelas tersebut sehingga saya gak bisa input data program s2 yang akan saya ambil,… saya berencana mengambil program s2 di ipb, nah deadline pendaftarannya 24 mei sementara halam portal saya yg online tidak bisa saya buka, gimana tu mas ? mohon bantuannya ya ^_^

    Reply
  99. irvan sembiring

    mas… setelah bukti pendaftaran siap dicetak, apa lagi ya yang harus kita lakukan.. bingung neee

    Reply
  100. nita handayani

    mas, kalau mau merubah file yang sudah di upload gimana caranya? sy udah mencoba tp ga bisaโ€ฆ kemarin salah upload dataโ€ฆ mohon penjelasannyaโ€ฆ

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Tidak bisa diubah mbak. Kalau salah upload lebih baik upload ulang saja mbak.

      Reply
  101. mela

    mohon masukannya dari teman2. Saya telah mendaftar um di ugm. Tp salah pilih jalur. Saya pilih jalur kerjasama pdhl seharusnya jalur bppdn. Kira2 bagaimana ya solusi utk saya? Apakah datanya msh bisa utk di ubah sedangkan pasword bank cuma bisa di pakai sekali. atau adakah cara lain sehingga saya tetap bisa mendaftar lewat jalur bppdn. Mohon bantuannya. Terima kasih.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      kalau di ITB bisa dirubah mas, namun klo do UGM saya kurang tahu. Silahkan tanyakan langsung ke panitia pascanya mas.

      Reply
  102. kasma

    mas, saya mw nanyaa. saya mengalami maslah tentang surat perjanjian dikti. saya sudah menguploadnya , tetapi tanggal yang saya cantumkan salah dan saya lupa mencoret semua salah satu yang wajib di coret. setau saya file yg telah terupload tidak bisa dihapus lagi. jadii menurut mas, bagaimana solusi untuk permaslahan saya inii??

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Upload ulang saja mas klo kesalahannya fatal. Jadi nanti ada 2 filenya karena yang lama gk bisa dihapus.

      Reply
  103. Hanycharta

    assalamu’alaikum wr.wb. maaf mas sya mau tanya, kira-kira apakah wajib kita mengupload surat perjanjian dengan dikti ketika registrasi online? atau cukup kita lampirkan ke PPs tujuan saja? terimakasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Walaikumslam. Sebenarnya tidak wajib, namun untuk jaga2 tidak ada salahnya kita upload lampiran 1 tersebut. Terimakasih.

      Reply
  104. nur budi

    Mas Iqbal…saya ada masalah dengan pendaftaran online BPP-DN, masalahnya adalah waktu saya mendaftar secara online saya memasukkan PT tujuan dan Prodi di UGM…namun saya akhirnya berubah mau daftar ke UI…lantas say coba ubah data lewat pendaftaran secara online…masalahnya adalah untuk data-data yang lain bisa di update tapi untuk PT tujuan dan Prodinya gak bisa di Update…gmn caranya ya mas…trus waktu saya upload foto saya sekali trus saya coba cek lagi kok munculnya banyak sekali…thanks b 4……

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Wahh… Kalau masalahnya salah pilih jurusan tidak ada solusi mbak/mas. Perhatikan komentar2 yg ada disini. Tidak ada yg bisa merubah jurusan.

      Reply
  105. febry

    assaalamualaikum mas..saya sementara S2 tapi ingin kulia S2 di kampus lain lagi dengan beasiswa BU bisa tidak…..mohon masukannya terimakasi

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Walaikumslam. Bisa saja, asal mbak terdaftar di kampus yg direkomendasikan DIKTI dan kampus tempat mbak daftar merekomendasikan mbak untuk mendapatkan beasiswa ini.

      Reply
  106. fatmawati

    mas mau tanya jika terjadi kesalahan input data pendaftaran online s2 di UGM dengan jalur BPPDN,akan berpengaruh pada verifikasi Dikti? sdngkan pihak UGM tidak bisa melakukan edit data kecuali stlah resmi diterima. Sy salah input data kabupaten tempat lahir pada laman UGM,sdngkan pada laman BPPDN sudah betul. tp sy sdh mengirim fotokopi KTP ke UGM dan email kpda Dikti unt bukti data yg benar. terima kasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Sebenarnya bukan kapasitas saya untuk menjawab. Ini opini saja lho mbak. Menurut saya, kalau kesalahan terjadi di laman UGM, tidak ada hubungannya dengan laman DIKTI (BPPDN). Yang terpenting mbak sudah memberitahu pihak UGM klo ada data yang salah ketika registrasi dan pihak UGM bresedia mengusulkan mbak sebagai calon penerima BPPDN meskipun ada kesalahan data. Untuk DIKTI hanya menerima usulan dan verifikasi di data DIKTI (BPPDN). Terimakasih.

      Reply
  107. Dwi Eliyani

    assalamualikum…untuk pendaftaran dikti sebenarnya paling lambat tanggal 30 atau 31 ya mas iqbal???

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Walaikumslam. 30 klo gk salah. CMIIW. Hmhmhmm… kok maunya mepet2? saran saya sih, daftar saja sebelum tanggal 30 atau 31.

      Reply
      1. Dwi Eliyani

        saya sudah daftar dari awal april mas iqbal berkas saya sudah lengkap juga di prodi, akan tetapi tiba-tiba dari pihak prodi ngehubungi suruh buat rekomendasi PT untuk diupload di DIKTI, sedangkan saya belum buat. padahal kan saya daftarnya calon dosen.. apa benar mas dikti ada persyaratan suruh upload rekomendasi dari PT? setau saya yang calon dosen cuma lampiran 1 saja yang diupload!!!…gimana doong…TEMEN-TEMEN DI SINI PADA UPLOAD APA bagi yang daftar CALON DOSEN??????

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Sama mas, setahu saya lampiran 1 saja. mas daftar dimana?

          Reply
          1. Dwi Eliyani

            saya mb mas iqbal…saya daftar di ugm.. apa benar harus pakai rekomendasi ya? lha mas iqbal buat rekomendasi juga?

  108. iwan

    ada yg tahu ngga cara upload data susulan. seblmnya kan cuma upload foto. saat ini mau dilengkapi tapi selalu minta password. seingat saya dulu tdk pakai password deh. kalau mislnya pakai, gmn dong caranya ubah password jika lupa? jgn sampai gara2 ini jd gagal padahal sdh lulus UI 19 mei mg lalu. tolong dibantu ya sobat

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      no registrasi dan password ada di email yang didaftarkan, coba dicek.

      Reply
  109. Me

    assalamualaikum mas, maaf sy mw tanya.. utk dftar online dikti step/tahap pendidikan, disitu ada akreditasi, itu mksudnya akreditasi univ nya atau jurusannya ya mas?? terimakasih salam…

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Walaikumslam. Akreditasi Jurusan mbak. salam.

      Reply
  110. Meilya

    Asslmkm,, Mau tanya, saya salah satu pendaftar beasiswa BPP-DN Calon Dosen Kampus tujuan UNY. Dan Alhamdulillah saya sudah diterima tes seleksi S2 UNY. Yang saya ingin tanyakan, apakah berarti saya harus membayar uang registrasi S2 UNY saya terlebih dahulu secara pribadi???? sebab batas waktu pembayaran registrasinya dibatasi hingga 14 Juni 2013. Terimakasih.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Walaikumslam. Selamat saya ucapkan. Uang registrasi tersebut berikut biaya semester ya mbak? Kalau iya, coba tanyakan ke program pascanya langsung mbak, bagaimana yang mengikuti bppdn? Kalau di ITB kebetulan daftar ulangnya setelah pengumuman bppdn.

      Reply
      1. ali

        salam kenal mas iqbal dan mba meilya nah saya juga senasib dengan mba meilya. yang saya baca dari panduan bahwa 6. PPs Penyelenggara menetapkan status Pelamar BPP-DN secara online melalui laman beasiswa.dikti.go.id/dn. 7 โ€“ 21 Juni, sedangkan batas waktu registrasi itu 14 juni, kalo melewati batas tersebut ya dianggap gugur, bukanyaa apa-apa saudara. kan lumayan 10.000.000 kalau nyarinya musti hutang dulu, dan jika kemudian gak lolos seleksi ya akan memberatkan. kita tau jalan tuhan akan selelu menolong kita, namun secara matematis logis kita juga harus memperhitungkan. yah mungkin strategi terakhir yaitu sembari menghubungi dikti dan uny untuk jawabanya via telepon atau menunda registrasi sampe tgl 13 juni dan mudah2an sudah ada pengumumanya. demikian opini dan curcol saya, heheee..

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Iya mas Ali. Saya di Lampung dan Unila (Universitas Lampung) juga seperti ini. Daftar ulangnya pergelombang. Gelombang pertama beda dengan gelombang kedua. Agak repot kalau seperti ini. Kebetulan saya yg daftar di ITB tidak seperti itu, daftar ulang dipusatkan ketika semua gelombang dan mahasiswa yang diterima diketahui. Saran saya masih tetap menghubungi pihak UNY terlebih dahulu. Kalau saya tidak ada wewenang untuk menjawab. ๐Ÿ™‚

          Reply
  111. ali

    saya harap ada kebijaksanaan khusus, dan tidak ada motif sedikit memaksa dari pps yang bersangkutan. memang beasiswa ya penyemangat, namun bagi banyak sebagian orang itu sebagai tumpuan yang mensuport semangat belajar. hari jumat pagi kemarin saya kontak melalui telepon ke UNY tidak ada yang ngangkat. padahal itu contact personal admin pps yang disertakan di website resmi mereka. besok saya coba lagi melalui cp dan ext. hehehee…

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Mudah2an apa yang mas Ali harapkan sesuai dengan kenyataan. Semangat mas. ๐Ÿ™‚

      Reply
  112. Agung

    Asslmlkm, saya mau tanya, d univ. yang saya tuju, biaya registrasi dan spp dibebankan kepada masing-masing dan akan diganti setelah ada ketetapan dari dikti. sementara itu penetapan status pelamar oleh pps paling lambat tgl 21 juni, setelah itu dikti yang menentukan/memverifikasi. apakah saya harus membayar registrasi sebelum tgl 21juni? apakah ada pengaruhnya jika saya membayar sebelum atau setelah tanggal 21 juni? tahap selanjutnya yang harus kita lakukan setelah membayar biaya registrasi dan spp bagaimana ya? apakah perlu menunjukkan bukti pembayaran kepada dikti dan pps? atau akan secara otomatis diketahui jika kita telah mengikuti prosedur tersebut? thanks

    Reply
  113. ersan

    asslkm, mas saya mau daftar BPP-DN calon dosen untuk administrasi publik itu kan pe tanggal 12 Juli ya, tp kok di step konfirmasinya kok error terus ya ? ada saran ? mksh sebelumnya

    Reply
  114. Nuril

    Salam, mas mau nanya, alhamdulillah saya dinyatakan lulus dari PPS Penyelenggara, herregistrasi agustus 2013, sembari menanti kabar dari dikti, saat saya masuk ke laman dikti, ada link “kesanggupan” yang harus diisi, salah satunya memilih tempat kita ditempatkan kelak pasca menyelesaikan study, ada 35 PTN dan PTS yang direkomendasiin dikti untuk kita pilih, pilihan pertama dan pilihan kedua. setelah mantap akhirnya dengan bismillah saya memilih perguruan tinggi penempatan saya kelak, tetapi anehnya, walaupun berulang kali saya isi pilihan pertama dan kedua dengan PTS ataupun PTN yang berbeda, tetap saja halaman itu kembali seperti semula dan dua-duanya pada kotak tersebut terisii perguruan tinggi pada pilihan pertama. pertanyaan saya, apakah memang hanya satu yang bisa dipilih?lantas kenapa ada pilihan pertama dan pilihan kedua? kemudian, apakah file tersebut telah berhasil tersimpan di laman dikti atau bagaimana? mohon sharing pengalamannya mas. thank you, wassalam

    Reply
  115. nurhilal

    assalamu alaikum, sy mau tanya untuk masuk di menu kesanggupan butuh registrasi dan password, password yg sy masukkan salah… bagaimana solusi untuk password salah? jika lupa misalnya. tks pak.

    Reply
  116. ninuk retna sumiarsih

    mas, alhamdulillah ketrima nih. berkat baca-baca anjuran dari mas. tapi saya mau konfirmasi kesanggupan gak bisa nih. saya baru sadar gak pernah dapet email dari pihak dikti terkait password dari nomor registrasi saya. solusinya dong, mas… biasanya mas ini jitu masukkannya. help please.

    Reply
  117. indrawati

    assalamu’alaikum saya sudah lulus seleksi masuk PPs penyelenggara tapi email dari dikti yg berisi password pendaftaran tak sengaja terhapus jadinya saya ndak bisa login untuk mengisi kesanggupan di web dikti kira2 bisa bantu?? terimakasih

    Reply
  118. indrawati wilujeng

    assalamuโ€™alaikum saya sudah lulus seleksi masuk PPs penyelenggara tapi email dari dikti yg berisi password pendaftaran tak sengaja terhapus jadinya saya ndak bisa login untuk mengisi kesanggupan di web dikti kira2 bisa bantu?? terimakasih

    Reply
    1. indrawati

      assalamuโ€™alaikum saya sudah lulus seleksi masuk PPs penyelenggara tapi email dari dikti yg berisi password pendaftaran tak sengaja terhapus jadinya saya ndak bisa login untuk mengisi kesanggupan di web dikti kira2 bisa bantu?? terimakasih

      Reply
  119. Veri

    Wah Mantap infonya… si Penulisnya juga jago tuh.. ๐Ÿ™‚ Congratz yah Kak Iqbal… anda dinyatakan LULUS.. cek aja di :beasiswa.dikti.go.id/dn/

    Reply
  120. nurul

    mas, mau tanya… saya kemarin mendaftar ke ipb jurusan pesisir, dan ternyata jurusanku katanya gak linier dan pengen saya ubah.. ternyata gak bisa diubah datanya… gimana ni mas? saya terganjal kesalahan di online, bagaimana caranya ubah mas? kan katanya sekrang ada gelombang kedua…. minta tolong sarannya mas…. ๐Ÿ™

    Reply
  121. Xena Janitra

    sori, mohon bantuan dong. saya sudah mencoba meregistrasi. tapi kok gagal terus ya. selalu diminta untuk memasukkan nama lengkap. padahal sudah berulangkali saya mencantumkan nama lengkap saya. tapi ketika diklik “lanjut” langsung ada pemberitahuan lagi >> ‘masukkan nama lengkap’. terjadi hal seperti itu terus. kenapa ya?? saya tidak mencantumkan titel dan penulisan nama saya tidak disingkat kok. mohon bantuan

    Reply
  122. Mestaria Hutagalung

    Selamat pagi mas Iqbal….saya mau bertanya.Saya baru saja aktif membaca BU/BPP-DN dan BPP-DL akhir juli.Yang saya mau tanyakan, 1.Syarat pengajuan beasiswa kan bg dosen,calon dosen, pegawai negeri sipil.Kalau saya tidak memenuhi kriteria di atas apakah sy bisa mendaftar BPP? 2.Kalau seandainya saya bisa mengikutinya,apakah untuk tahun ini msh buka pendaftarannya?karena msh ada glombang ke3.terimakasih mas

    Reply
  123. rina

    mas iqbal, aq pns tenaga ksehatan, tp minat juga untuk menjadi dosen, cm blm tau perguruan tinggi mana yg membutuhkan tenaga sy. bisakah sy mendaftar beasiswa dikti?

    Reply
  124. Rino Efendi

    Assalamualaikum, mau tanya Pak/Buk, saya staf di salah satu PTN, kebetulan kemaren dapat beasiswa dari program kerjasama Universitas Negeri Padang dengan Kemkominfo tepatnya Magister Chief Information Officer dan baru masuk kuliah agustus ini, yang ditanggung beasiswa ini cuman biaya pendidikan, sedangkan biaya hidup, buku, penelitian dan lain2 tidak ditangggung, bisa nggak saya ngusulin untul menerima beasiswa BPPDN ini? kalau bisa mohon pencerahannya tentang prosedur selanjutnya! terima kasih sebelumnya, mohon maaf karena terlambat tahu masalah beasiswa ini.

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Walaiukumslam. Beasiswa ini sudah ditutup untuk periode tahun ini. Kemungkinan tahun depan baru ada lagi. Namun, setahu saya beasiswa ini menyaratkan tidak sedang menerima dari institusi lain. Silahkan lihat di laman resminya. http://beasiswa.dikti.go.id/dn

      Reply
  125. marzuhki

    assalamualaikum mas iqbal mau tanya cara hapus file yang sudah tergunggah soal nya saya sudah daftar tapi ada yang belum terisi terimakasih

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Walaikumslam. Tidak bisa dihapus namun bisa ditimpah. Unggah lagi saja.

      Reply
  126. ocha

    kapan ya buka lagi beasiswanya soalnya saya sdh di terima di ptn tpi baru ;iat infonyaa..hiiiks

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Tahun depan mbak, tahun ini sudah tutup. Coba beasiswa yg lain mbak.

      Reply
  127. Madinah

    assalamualaikum, mhn maaf sebelumnya kalo pertanyaan saya melenceng. mhn penjelasannya mengenai pendidikan yang linier. saya dari D IV kebidanan Dan S2 IKR (Ilmu Kesehatan reproduksi) apa bisa dibilang linier (D IV dan S2 sama 2 dari Fakultas Kedokteran).terimakasih.wassalam

    Reply
  128. nia

    mas pembukaan beasiswa s2 ny kapan ya mas, saya wisuda bulan desember, apa masih ada kesempatan daftar untuk tahun 2013

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Sudah selesai mbak, bisa dicoba tahun depan pada bulan2 juni-september.

      Reply
      1. RAHMAH HIDAYANTI

        Mau tanya. Syarat2 buat dftr beasiswa calon dosen it ap aj ybiar bs disiapin dr skrg. Ap aj yg perlu dibuat dan discan dan ap aj yg perlu dilengkapi. Biasanya bulan brp kak iqbal dftny it? Terimakasih

        Reply
        1. Iqbal Parabi Post author

          Syaratnya udah jelas di panduannya, kalau bulan biasanya juni, juli gitu tahun kemaren.

          Reply
  129. Dian Puteri Nurbaity

    Assalamu’alaikum. pembukaan untuk beasiswa BPP DN tahun 2014 bulan berapa ya? Untuk fakultas teknik di ITS dan UGM terbuka jurusan apa saja kalau mendaftar beasiswa BPP DN?Trimakasih, mhon dibalas

    Reply
    1. Iqbal Parabi Post author

      Biasanya 1-3 bulan sebelum pendaftaran masuk pasca. sering-sering lihat website bppdn. Untuk jurusan belum tahu, tapi bisa lihat pedoman tahun 2013. Lihat di bagian lampiran.

      Reply
  130. Nujum

    saya bingung untuk mengisi surat rekomendasi dari rektor,,, untuk mengisi nama, program studi, tempat studi, alamat,,,, untuk mengisi program studi , tempat studi dan alamat itu sesuai tujuan atau kampus asal? mohon bantuannya

    Reply
  131. Dian Puteri Nurbaity

    Assalamu’alaikum. untuk TA 2014/2015 Beasiswa BPPDN bagi calon dosen ada nggak?mohon infonya.

    Reply
  132. redha

    Mas,,nanya,,kalo sdh dapat kartu peserta apalagi yang dilakukan?? Surat ijin dll itu harus dikirim ya??Sebelum pengumuman atau setelah pengumuman??

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.