Alat Membuat Kue

Alat Membuat Kue – Alat untuk membuat kue cukup mudah dikenali dan bagi ibu-ibu atau para wanita pasti sudah kenal dengan alat yang digunakan untuk membuat kue. Biasanya, alat-alat untuk membuat kue harus kita persiapkan terlebih dahulu sebelum membuat kue yang kita inginkan. Bagi para pembuat kue biasanya alat-alat membuat kue sudah tersedia dengan baik dan lengkap, tapi bagi para pemula butuh waktu beberapa hari, minggu atau bulanan untuk bisa paham alat yang harus dipersiapkan sebelum membuat kue. Kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai alat membuat kue.

Alat Membuat Kue

Alat Membuat Kue

Salah satu contoh alat yang bisa digunakan untuk membuat kue adalah Oven. Alat membuat kue yang satu ini pasti sobat sudah pada kenal semua. Yap, digunakan untuk memanggang adonan dan beberapa fungsi lainnya. Namun masih ada alat-alat lain yang harus sobat ketahui untuk membuat kue supaya hasil kue yang diinginkan bisa sesuai dengan harapan atau supaya hasil kue tidak bantet. Berikut ini beberapa alat membuat kue yang harus dipersiapkan sebelum membuat kue:

1. Oven

Oven merupakan alat yang biasa digunakan untuk membuat kue, penggunaannya biasanya dilakukan pada tahap akhir dalam membuat kue. Fungsinya untuk memanggang adonan kue yang kita buat sebelumnya. Berbagai jenis dan merk dari oven, sobat bisa mencarinya sesuai dengan fungsi dan budget yang sobat miliki. Sekarang ada 2 jenis oven yang beredar di masyarakat, yaitu oven listrik dan oven gas. Keduanya memiliki kelebihan dan fitur masing-masing, namun sekali lagi, jika sobat ingin membeli oven sesuaikan dengan budget yang sobat miliki dan fungsi yang sobat butuhkan. Jangan membeli oven karena gengsi dengan tetangga atau mau bergaya karena memiliki oven yang mahal dan canggih.

Alat Membuat Kue

2. Mixer atau Pengaduk Adonan

Setelah oven, alat untuk membuat kue selanjutnya adalah mixer atau pengaduk adonan. Hhmhmm… saya rasa sobat juga sudah banyak yang kenal dengan alat membuat kue yang satu ini. Terdapat beberapa macam mixer yang dapat kita gunakan untuk mengaduk adonan kue, diantaranya adalah hand mixer dan stand mixer. Dari namanya sobat bisa tahu apa itu hand mixer dan stand mixer. Hand mixer adalah mixer yang digunakan menggunakan tangan. Harganya hand mixer lebih murah dibandingkan stand mixer karena stand mixer dapat bekerja otomatis tanpa harus bersusah payah untuk mengaduk adonan. Namun menurut saya, hand mixer lebih saya pilih karena hasil yang kita buat dengan tangan sendiri lebih berharga dibandingkan dengan tangan mesin. hehehe :) Namun kalau sobat mau membuat kue dalam jumlah yang banyak, sangat disarankan untuk menggunakan stand mixer. Bisa pegel tangan kalau mau buat kue banyak-banyak tapi ngaduk manual menggunakan tangan.

3. Timbangan

Setelah mixer, alat membuat kue selanjutnya adalah timbangan. Fungsinya untuk menimbang atau mengukur berapa jumlah tepung atau bahan lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan aturan atau komposisi bahan tersebut. Untuk memilih timbangan, sobat harus jeli karena timbangan ini sangat penting dalam membuat kue. Biasanya kalau sebagai pemula akan sangat membantu karena belum bisa mengira-ngira berapa takaran yang pas untuk membuat kue.

Alat Membuat Kue

4. Gelas Ukur

Gelas ukur digunakan untuk mengukur bahan yang berbentuk cair seperti susu, air dan bahan lainnya. Ukuran ini biasanya dalam bentuk cc atau ml. Pastikan menaruh gelas ukur ditempat yang datar sehingga bahan yang diukur dapat pas sesuai dengan takaran yang dibutuhkan.

5. Sendok Ukur

Sama seperti gelas ukur yang berfungsi untuk mengukur atau menakar bahan yang akan kita aduk bersama bahan yang lain. Biasanya sendok ukur yang kita gunakan adalah sendok teh yang ada di rumah karena ukuran biasanya adalah 1 sendok teh atau 1/8 sendok teh, tapi jangan salah ya? Sendok teh yang ada di rumah sobat belum tentu sesuai dengan ukuran sendok teh yang standar.

6. Spatula

Spatula rasanya sudah pada tahu semua, minimal pernah liat spatulanya Spongebobs. hehehee Ada banyak ukuran spatula sesuai kebutuhannya. Biasanya terbuat dari bahan plastik dan karet yang fleksibel. Digunakan untuk mengaduk adonan setelah dikocok dengan mixer dan untuk memindahkan adonan.

Alat Membuat Kue

7. Rak Pendingin

Rak pendignin digunakan untuk mendinginkan atau mengeluarkan semua udara dalam cake setelah keluar dari loyang pembakaran.

8. Kertas

Lho… Kok kertas? Mau belajar apa buat roti ini? Hmhmm… jangan salah, dalam membuat roti juga dibutuhkan kertas lho. Ada baiknya gunakan kertas khusus alas roti. kKertas ini digunakan untuk memudahkan mengeluarkan roti setelah di oven dari pembakaran. Untuk ukuran, tergantung dari besar kecil loyang atau cetakan.

9. Kuas

Nah lho… Sekarang kuas lagi. Mau ngecat apa buat kue ini? Hmhmm… jangan salah ya? Kuas ini bentuk dan ukurannya juga bervariasi. Kuas digunakan untuk mengoles loyang dengan margarin atau minyak. Jadi bukan hanya untuk ngecat aja fungsi kuas itu. :)

10. Rolling Pin

Rolling Pin adalah penggilingan, bisa terbuat dari kayu atau kombinasi marmer. Fungsinya bukan hanya untuk menipiskan tapi juga untuk mengeluarkan udara pada adonan roti yang telah mengembang.

Alat Membuat Kue

11. Cetakan Kue

Ini alat terakhir, yaitu cetakan kue. Fungsinya untuk mencetak kue sesuai dengan bentuk dan ukurannya masing-masing. Kalau membuat kue Putri Salju yang biasanya berbentuk bintang, bulan dan bentuk-bentuk lainnya akan sangat membantu.

Sebenarnya masih banyak lagi alat membuat kue lainnya, namun itu biasanya standar seperti gelas, loyang dan lainnya. Sobat pasti sudah mengenalnya dan tahu fungsinya masing-masing. Namun karena keterbatasan waktu dan saya harus sudah pergi cukup sampai disini dulu tulisan mengenai alat membuat kue. Semoga bermanfaat dan semoga kue yang sobat buat sesuai harapan. Amiin.

Alat Membuat Kue



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>